Gubernur Sulteng Terima Hasil Laporan Pengawasan dari BPKP

 

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Menerima Kepala BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah Beligen Sembiring SE,Ak, CA, MM, QIA dan jajaran guna Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan atas Akuntabilitas Keuangan Negara/Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Semester I Tahun 2021.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura didampingi Pj. Sekretaris Daerah, Mulyono SE, Ak, MM dan Kepala BPKAD, Bahran, SE, MM, menerima kunjungan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tengah, Beligan Sembiring, SE, Ak, CA, MM, QIA didampingi dan Koordinator Pengawasan (Korwas) dan Kepala Bagian Tata Usaha), bertempat di ruang kerja Gubernur, Kamis 12/8/2021.

Dalam kunjungan tersebut,  Kepala Perwakilan BPKP Sulteng, Beligan Sembiring menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan atas Akuntabilitas Keuangan Negara/Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Semester I Tahun 2021, dan secara langsung diterima oleh Gubernur Sulteng.

Poin-poin yang disampaikan oleh Beligan Sembiring, bahwa Perwakilan BPKP Sulteng telah melakukan pengawasan dengan dua agenda utama yaitu pengawasan dukungan atas isu strategis nasional dan pengawasan pembangunan di daerah.

Selama semester 1 Tahun 2021, pengawasan yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Sulteng, antara lain:

  1. Penanganan Covid-19: program vaksinasi, pengadaan barang dan jasa alat material kesehatan, pembayaran klaim rumah sakit, insentif tenaga kesehatan, bansos (program keluarga harapan, kartu sembako dan bansos tunai), bantuan langsung tunai Dana Desa (BLTDD);
  2. Program Pemulihan Ekonomi Nasional: ekspansi penyaluran kredit melalui Bank Sulteng.
  3. Akuntabilitas keuangan negara dan daerah: evaluasi perencanaan dan penganggaran APBD, evaluasi penyerapan anggaran dan pengadaan barang/jasa, evaluasi penggunaan dana transfer, optimalisasi PAD, meningkatkan tatakelola pemerintah daerah (APIP dan SPIP), evaluasi kinerja PDAM, evaluasi kinerja BLUD RSUD.
  4. Sektoral dan tematik: pengawasan ketahanan pangan, sektor pariwisata, pembangunan infrastruktur (proyek strategis nasional)
  5. Pengawasan pembangunan daerah: pengawasan proyek rehabilitasi dan reknonstruksi pasca gempa bumi, likuifaksi dan tsunami, serta program prioritas daerah Parimo Khatulistiwa.

Beligan Sembiring menekankan perlunya dorongan Gubernur dalam mempercepat program vaksinasi, pembayaran insentif tenaga kesehatan daerah,  meningkatkan kinerja PDAM yang baru satu berkinerja baik dari 9 PDAM dan meningkatkan kapabilitas APIP.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura pada kesempatan itu menyambut baik dan menyampaikan terima kasih serta mengapresiasi peran Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah dalam mengawal akuntabilitas keuangan negara/daerah di Sulawesi Tengah.

Gubernur juga berkomitmen untuk segera menetapkan kebijakan dan berkoordinasi dengan para pihak yang terkait untuk menindaklanjuti hal-hal penting yang dibutuhkan dan tetap mengharapkan bantuan pengawalan dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP,  Beligan Sembiring menyampaikan terima kasih atas dukungan Gubernur serta seluruh Bupati dan Walikota serta jajarannya  di wilayah Provinsi Sulawesi tengah , sehingga seluruh pelaksanaan tugas dan fungsi Perwakilan BPKP dapat berjalan lancar.*

YOUR COMMENT