Luar Biasa ” KFM Berikan Sosialisasi Program Comdev Pemberdayaan di Desa Nanga Nangaon”

 BANGGAI – PT Koninis Fajar Mineral adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan bijih nikel dan sedang berkembang pesat. Dalam rangka untuk meningkatkan target produksi, saat ini perusahaan tentu akan menempatkan tenaga yang professional dan berkompeten, memiliki semangat, motivasi kerja yang tinggi.

Perusahaan KFM yang berlokasi di Kecamatan Bunta sedang melaksanakan Program Comdev dengan mengadakan Sosialisasi tentang pemberdayaan desa demi kemajuan bersama di wilayah Lima Desa lingkar tambang. Dan sosialisasi ini diawali dari desa nanga nangaon Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Rabu 11/7/2021.

Humas PT. KFM, Husen dalam sambutan singkatnya bahwa awal sosialisasi ini, sebelumnya sudah dikoordinasi lewat pemerintah desa, BPD desa bertempat di kantor KFM , hingga terjadi kesepakatan, olehnya itu program Comdev yang dibuat oleh KFM segera di sosialisasikan lewat Desa Nanga Nangaon yang terletak di Kecamatan Bunta, dimana program Comdev sesuai dengan landasan hukum dan bagaimana itu program , sehingga bagaimana comdev akan berbuat kepada masyarakat yang ada didesa dengan jalan pemberdayaan.

“ Lanjut Husen juga mengatkan bahwa kehadiran untuk mengikuti sosialisasi ini awalnya diusulkan lebih banyak untuk bisa hadir agar dapat mendengarkan secara langsung tentang pentingnya program perusahaan melalui Comdev yang telah dibuat untuk pemberdayaan desa , tetapi dalam acara pengumpulan masa telah dikoordinasikan dengan tim gugus covid yang ada di Kecamatan Bunta dan diberikan ruang hanya 15 orang, walaupun antusias masyarakat untuk hadir masih banyak sehingga kami sudah koordinasikan dengan Ibu Kades, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan . “ Ungkap Husen

Disamping pemaparan ini, tentunya tim akan memberikan kesempatan dengan cara memberikan dialog kepada peserta yang hadir demi kemajuan bersama dalam membangun desa melalui program comdev , dengan pemahaman serta saling memberikan saran hingga batas waktu yang telah ditentukan. Tuturnya

Ditempat yang sama Staf Program KFM, Tri Widi dalam pemaparan menyampaikan bahwa ini adalah tanggung jawab sosial dari perusahaan tentang program pengembangan masyarakat dalam menjalankan program Comdev perusahaan tetap mengacu pada landasan hukum sehingga tetap menjadi tanggung jawab sosial terhadap masyarakat yang ada diwilayah lingkar tambang, serta mengacu pada UU minerba No. 23 tahun 2020 tentang tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, UU no. 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas banyak membicarkan tentang tanggung jawab sosial, UU no. 25 tahun 2007 tentang penanaman modal dan PP no. 47 tahun 2012, dari empat regulasi ini, semua mengatur tentang tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sesuai dengan landasan hukum. Ungkap Tri.
“ Bidang yang saya tangani saat ini adalah tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dengan cara dapat menyentuh secara langsung yang terletak diwilayah lingkar tambang Perusahaan KFM saat ini, memang tidak bisa di pungkiri bahwa mingset masyarakat saat ini justru yang lebih dikenal adalah CSR, sehingga perusahaan berusaha untuk dapat memberikan pemahaman tentang pengganti CSR yakni Comdev. Arti dari Comdev sendiri yang diciptakan oleh perusahaan tujuannya untuk bisa mendapat perhatian, terutama yang ada diwilayah lingkar tambang atau dengan istilah program Lokal perusahaan, sehingga dalam memberikan program dalam pemberdayaan Desa agar bisa cepat dan mudah untuk dikawal atau berkelanjutan, selain itu perusahaan juga mengeluarkan tujuh program yang nantinya akan dijalankan dalam pemberdayaan desa diantaranya, Pendidikan dengan menjadikan KFM bersekolah, Kesehatan, Sosial Budaya, Ekonomi, Pertanian dan Lingkungan Hidup dan yang terakhir Insfrastruktur.”

Menurut Tri dalam menjalankan program Comdev perusahaan tentu ada yang menjadi kendala oleh perusahaan KFM diantaranya Keterbatasan Pemahaman atas kontek lokal yang komplek, Pendekatan reaktif terhadap permintaan masyarakat, Lebih suka Donasi ketimbang investasi , kurang inisiatif dan hanya fokus terhadap proyek jangka pendek dan rendahnya partisipasi rasa memiliki dari pemangku kepentingan lokal. Ujar Tri yang merupakan mantan pendamping desa.

Kami juga mengharapkan dengan adanya perusahaan tambang yang ada diwilayah sekitar tambang agar dapat lebih berkembang dan lebih maju dengan target bahwa sebelum, Sesudah dan Perusahaan Meninggalkan areal tambang. Maksudnya keadaan desa sebelum ada perusahaan kondisinya tentu berbeda setelah ada perusahaan artinya harus jauh lebih baik terutama dari segi Ekonomi kemudian dampaknya setelah perusahaan selesai atau habis kontrak tambang dan pergi meninggal areal tambang keadaan desa diharuskan sudah sejahtera dan Makmur. Ujar Tri Widi.

Para warga ikut aktif dalam sosialisasi program Comdev PT. Koninis Fajar Mineral ( KFM)

Pj, Kepala Desa Nanga-Nangaon, Nur Hazani Here sangat memberikan apresiasi kepada pihak perusahan, terutama yang selalu mengutamakan kepentingan masyarakat, terlebih khusus yang berada di wilayah lima desa lingkar tambang, dan apapun permintaan masyarakat langsung disahuti, serta bantuan bantuan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat terutama kepada keluarga miskin dan bantuan kerumah rumah ibadah, semua itu sudah dibuktikan oleh perusahaan pada saat perayaan hari besar keagamaan , walaupun mayoritas penduduk Desa Nanga-Nangaon lebih banyak yang beragama Kristen, tetapi perusahaan KFM tidak melihat dari segi mayoritas dan tetap memberikan bantuan kepada warga yang beragama Islam dalam bentuk pemberian hewan kurban untuk dilakukan penyembelihan .

“ Lanjut kades juga tetap membantu, terutama dalam permintaan warga kepada perusahaan agar segera direalisasikan, seperti halnya dalam memberikan sesuatu perusahaan tetap akan bekerjasama dengan pemerintah desa dalam memberikan program program yang telah di gelontorkan kepada desa agar pemberdayaan dan kemakmuran desa yang berada di lima desa lingkar tambang tersebut cepat terwujud. Ungkap Nur .

Seperti halnya salah satu warga yang sempat mengikuti sosialisasi merasa senang dan gembira dengan adanya perusahaan tambang nikel yang berada di kecamatan Bunta dalam hal meningkatkan pemberdayaan masyarakat, dan terima kasih perusahaan KFM. Ujar Yusuf kade warga desa Nango nagoan.

YOUR COMMENT