Kades Lemda Buko Perdayakan Masyarakat Melalui Dana Desa – KABAR LUWUK

KABAR LUWUK, BANGKEP – Kades Lemdar Buko Bangkep telah melaksanakan Program padat karya Melalui Dana Desa, demi memperdayakan Masyarakat Dalam Rangka Pemulihan ekonomi masyarakat pedesaan di Masa Pandemi Covid 19. Kamis 5/8/2021.

Kepala Desa Leme-Leme Darat, Welly telah mencanankan program padat karya di masa pandemi Covid-19, guna membantu pemulihan ekonomi masyarakat pedesaan khususnya masyarakat desa leme-leme darat kecamatan buko kabupaten banggai kepulauan, apalagi Saat ini, hampir semua negara di dunia, termasuk Indonesia berjibaku menangani pandemi virus corona (Covid-19) yang nyaris memukul seluruh sektor kehidupan masyarakat akibat adanya wabah virus Covid 19. Dan Covid-19 sampai saat ini belum berakhir sehingga sangat berdampak pada masyarakat di perkotaan namun masyarakat yang berada di pedesaan juga turut merasakan dampaknya seperti ekonomi,sosial serta yang lainya . Ungkap Kades.

Selanjutnya kegiatan padat karya kata Welly Siako yang melibatkan masyarakat langsung, itu kegiatannya adalah pembuatan riol untuk saluran air yang sering meluap di jalan bahkan ke rumah warga masyarakat, jalan menuju gereja juga ikut terdampak banjir pada saat musim curah hujan seperti saat ini, kegiatan ini kami anggarkan melalui anggaran dana desa tahun 2021 berdasarkan hasil musyawarah yang sudah sepakati bersama masyarakat desa leme-leme darat kecamatan buko kabupaten banggai kepulauan pada saat rapat musyawarah desa.

Dimana Welly Siako selaku kepala pemerintahan Desa Leme-leme Darat, menggulirkan sejumlah program yang melibatkan lansung seluruh masyarakatnya di desa leme-leme darat adalah mewujudkan pemulihan ekonomi khsusunya bagi masyarakat desa lemdar yang terdampak sosial ekonomi di masa pandemi Covid-19, yang sampai saat ini terjadi apalagi masyarakat sangat merasakan dampak, selain itu kepala desa Welly Siako juga terus mengawal pelaksanaan protokol kesehatan guna menekan penyebaran virus Covid 19. Imbuhnya.

Melalui kegiatan pada karya yang melibatkan langsung masyarakat tersebut kepala desa leme-leme darat Welly Siako mendapat pujian dari Aktifis Ketua LPKN Wilayah Indonesia Timur (Lembaga Pemerhati Keuagan Negara Indonesia) La Omy La Tua.

Disamping padat karya juga memiliki suatu keunikan dalam program padat karya dimana tenaga pekerjanya yang melaksanakan kegiatan tak hanya di lakukan oleh kaum lelaki namun pelaksanaan kegiatan tersebut juga kaum perempuan juga ikut dalam pelaksanaan tersebut yang tak kala aksinya degan kaum laki-laki. Ujarnya

Melalui Program ini harapan Welly Siako selaku kepala pemerintahan desa leme-leme darat berharap melalui kegiatan padat karya ini dapat mengurangi beban masyarakatnya di desa yang mungkin kehilangan pekerjaan di tengah masa pandemi covid 19, apalagi saat ini masyarakat sangat kesulitan mencari kerja, apalagi yang berasal dari kalangan tidak mampu

Welly Siako juga berharap melalui program padat karya infrastruktur semoga bermanfaat dan membantu masyarakat dalam mengurangi beban ekonomi, serta berharap kegiatan sepeti ini adalah langkah awal dan pada setiap program dirinya juga akan tetap melibatkan masyarakat sehingga bisa membuat warga desa menjadi lebih produktif dan bisa cepat pulih dari situasi krisis pandemi.

Welly juga berharap untuk dapat merealisasikan program padat karya dirinya dengan semua pihak, lebih khusus masyarakat leme-leme darat tetap bersinergi membagun Desa untuk kemajuan bersama disamping dapat membantu perekonomian masyarakat. Tutup Welly Siako.* ( La Tomy).



YOUR COMMENT