Aksi Heroik Bidan Awanti Bantu Persalinan di Atas Perahu

Layaknya Super hero, aksi yang dilakukan Bidan Awanti Pangas A.md, Keb asal Lantibung, Kecamatan Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut ,dalam melakukan aksi penanganan ibu Sumarti Sawali ( 42) yang melahirkan di atas perahu kecil dengan hempasan gelombang, patut diacungkan jempol, Kamis 22/7/2021.

Berkat bantuannya, sang ibu melahirkan bayi berjenis laki laki dengan berat 2.900 gram dengan selamat di atas perahu yang ditumpangi bersama dengan suami saat akan menuju Kabupaten Banggai Laut. Kehebohan bermula saat perahu telah meninggalkan Desa Lantibung, Sumarti Sawali yang sudah dalam kondisi hamil tua mengeluh sakit perut, sehingga seluruh penumpang yang ada di perahu dibuat panik olehnya.

Awanti Pangas saat dikonfirmasi awak media Kabarluwuk melalui sambungan seluler menuturkan, bahwa awalnya pasien hendak dirujuk ke Rumah Sakit Banggai laut, jarak antara desa Lantibung kecamatan Bangkurung dengan Banggai Laut harus melalui jalur laut, sehingga penyebarangan hanya bisa ditempuh menggunakan perahu. Setibanya di perahu pasien yang dalam kondisi hamil tua merasa kesakitan, pertanda akan melahirkan, melihat kondisi itu, Awati selaku bidan yang mengawal langsung perjalanan, melihat posisi bayi sudah mencapai bukaan sembilan dimana kepala bayi telah terlihat di pintu keluar sehingga perlu segera diambil tindakan proses partus. Umumnya pasca melahirkan ibu partus masih harus dipantau selama dua jam.

Saat itu Ia langsung berkoordinasi dengan pihak puskesmas dikarenakan ibu partus dalam resiko tinggi disamping peralatan yang kurang lengkap jadi ditakutkan partus terjadi sesuatu sehingga disarankan untuk kembali ke puskesmas Lantibung walaupun ibu partus sudah melahirkan diatas perahu yang kami tumpangi bersama keluarga pasien agar bisa ditangani lebih insentif didarat dan kembali ke puskesmas yang secara kebetulan masih ada dokter jaga.

Video viral bidan Awanti membantu pasien partus di atas perahu yang diterpa gelombang laut

Selanjutnya Bidan Awanti juga ambil tindakan untuk kembali karena bayi sudah lahir dan untuk menuju kabupaten Banggai Laut masih jauh perjalanan disamping itu kondisi ibu partus tekanan darahnya sudah normal kembali, sebenarnya untuk puskesmas sendiri ada tempat untuk melahirkan, tetapi menurut dokter pasien ibu partus yang sudah masuk dalam usia serta berisiko tinggi serta obat-obatan yang ada di puskesmas juga masih kurang lengkap sehingga di putuskan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Banggai Laut.

“Kondisi saat ini ibu dan bayi dalam keadaan sehat, saat melahirkan di atas perahu kami tengah dalam perjalanan menuju Rumah Sakit di Banggai Laut. Namun karena sudah saatnya melahirkan terpaksa saya mengambil tindakan kendati dalam kondisi perahu yang tengah berjalan diterpa gelombang,” ucap bidan yang telah mengabdi sekira lima tahun ini.

Kondisi Saat ini ibu partus sudah berada di Puskesmas Lantibung, Kecamatan Bangkurung untuk dipantau ulang setiap saat , menurutnya ibu Sumarti Sawali melahirkan putra yang ke 8 sehingga pada sore harinya kondisi sudah normal dan hasil periksa dokter ibu partus tersebut sudah diperbolehkan kembali ke rumahnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai Laut, Zulkifli saat di konfirmasi mengatakan bahwa tindakan yang dilakukan oleh Bidan Awanti adalah tindakan yang sangat luar biasa dan atas nama pemerintah Kabupaten Banggai Laut khususnya Dinas Kesehatan sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas sikap sangat terpuji dan keberaniannya dalam menyelamatkan nyawa seorang ibu Sumarti Suwali , walaupun dalam catatan medis bahwa ibu partus tersebut masuk dalam resiko tinggi kehamilan, sehingga ditakutkan terjadi hal hal yang tidak diinginkan, sehingga langkahnya sudah tepat untuk dilakukan Rujukan ke Rumah Sakit Banggai Laut, tetapi justru dalam perjalanannya ibu Sumarti sudah mengeluh sakit sehingga melahirkan diatas perahu yang ditumpangi bersama suami dan bidan Awanti.

“Ahamdulillah semuanya berjalan baik dan ibu partus lahir dengan selamat dan saat ini sesuai dengan informasi bahwa ibu Sumarti sudah kembali kerumah dan berkumpul kembali bersama keluarga,” ujar Kandinkes Balut.

Keberanian Awanti dalam menjalankan tugasnya itu mendapat apresiasi banyak pihak, bahkan Wakil Gubernur Sulteng pada akun media sosialnya memberikan apresiasi.

YOUR COMMENT