Home » Banggai Laut » Logistik Mulai Didistribusi
Logistik Mulai Didistribusi
Salah satu calon kades Gonggong, Kecamatan Banggai Tengah, Victorius, saat sampaikan visi dan misinya pada debat kandidat pilkades di Balai Desa Gonggong, Rabu (27/9). Debat kandidat menjadi acuan bagi masyarakat untuk memilih calon pemimpin mereka 6 tahun mendatang.

Logistik Mulai Didistribusi

BANGGAI – Dinsos-PMD/P3A Kabupaten Banggai Laut mulai mendistribusikan logistik untuk pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Sehingga dipastikan jadwal pemungutan suara yang sudah ditentukan pada 3 Oktober mendatang tak akan bergeser.
Sekretaris Dinsos-PMD/P3A Kabupaten Banggai Laut, Muhajir Hanapi, menuturkan Rabu (27/9) pendistribusian logistil diawali dari desa peserta pilkades serentak di wilayah daratan. Rencananya Kamis (28/9) baru akan bergerak ke wilayah kepulauan. “Gunakan kendaraan BPBD didistribusikan,” jelas Muhajir, kemarin.
Untuk wilayah kepulauan, mobilisasi logistik menggunakan dua speed boat. Salah satunya milik Dinas Perikanan Kabupaten Banggai Laut karena bobotnya cukup besar. “Kalau cuaca sekarang sudah bagus. Tidak kencang (gelombang, Red),” katanya.
Debat Kandidat ///
Sementara itu, pantauan Luwuk Post kemarin siang, beberapa desa mulai melaksanakan pemaparan visi misi. Contohnya di Desa Lokotoy Kecamatan Banggai Utara, Desa Lampa Kecamatan Banggai, serta Desa Gonggong Kecamatan Banggai Tengah. “Iya sudah pemaparan visi misi tahapannya,” terang Muhajir.
Di Desa Gonggong, terpantau sebanyak lima calon kades mengikuti kegiatan yang berlangsung di Balai Desa setempat tersebut.
Kegiatan yang dibuka Camat Banggai Tengah, Sofyan Malida, itu memercayakan Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Banggai Tengah, Supriyadi Kaepa sebagai moderator.
Sofyan Malida mengatakan, pemaparan visi misi kandidat kades dilaksanakan untuk mensosialisasikan konsep dan program jika terpilih nanti. Dengan begitu, bisa menjadi bahan pertimbangan warga sebagai acuan memilih siapa pemimpin mereka 6 tahun mendatang. “Jadi di sini kita menjunjung tinggi semangat demokrasi dan berusaha mewujudkan suasana pilkades yang aman dan damai,” ujar Sofyan.
Dibuka tepat pukul 09.00, lima kandidat kades masing-masing Aludin Kapaya, Risdianto Lamiada, Victorius, Krismanto dan Badawi Lawae berturut-turut dipersilahkan menyampaikan paparannya.
Amatan Luwuk Post, kesemua calon kandidat banyak menekankan programnya pada peningkatan sumber daya aparatur desa, prinsip keterbukaan tata kelola dana desa serta memaksimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk kesejahteraan masyarakat. Debat kandidat tersebut juga dihadiri Anggota Komisi III DPRD banggai Laut, Ali Bapiol. (ali/sbt)

About uman