Home » Berita Utama » Luwuk Kiblat Karate Sulteng
Luwuk Kiblat Karate Sulteng
Atlet karate saat dilepas Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim mengikuti Kejurda Forki di Palu, belum lama.

Luwuk Kiblat Karate Sulteng

LUWUK-Secara berlahan Luwuk mulai menggeser posisi kota Palu sebagai kiblat karate se Sulteng. Hal ini diakui oleh Pengprov (pengurus provinsi) Forki (Federasi Olahraga Karatedo Indonesia) Sulteng kepada tim Forki Kabupaten Banggai yang berlaga di pentas Kejurda Forki 25-27 Agustus lalu.
Luwuk mulai diakui sebagai kiblat karate karena melahirkan atlet atlet berprestasi di tingkat provinsi Sulteng. Pada Kejurda Forki misalnya, Luwuk meraih juara umum 2 setelah meraih 8 medali emas, 6 perak dan 3 perunggu.
Berkekuatan 16 atlet, baik dari cabang Inkai dan Inkanas tim Forki Kabupaten Banggai mampu menampilkan performa terbaik, meskipun belum mengungguli Wadokai, perguruan dari Kota Palu, yang meraih juara satu.
Tim Forki Kabupaten Banggai dengan tiga pelatih itu tampil maksimal setelah dilepas dan disemangati oleh Bupati Banggai Ir Herwin Yatim di Pelabotan.
Manager Tim Forki Kabupaten Banggai Yorie Ntoi, mengatakan, ajang Kejurda Forki menjadi momentum bagi para atlet di kabupaten Banggai untuk menguji kemampuan sebelum berlaga di ajang Porkab Banggai 22 September dan Porprov tahun depan. “Kejurda kemarin itu memberi kami kesempatan melihat kekuatan lawan,” tuturnya.
Menariknya, untuk mengikuti Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 9 September nanti, tim Forki Kabupaten Banggai mewakili Sulawesi Tengah.”Dari cabang karate enam orang atlet dari luwuk. Kami mewakili Sulteng,” kata Yorie. “ Kami mewakili Sulteng karena pada Popnas Sulteng yang digelar di Poso, Luwuk keluar sebagai juara,” tambahnya. (ris)

About uman