Home » Berita Utama » Polisi Tetapkan 17 Tersangka
Polisi Tetapkan  17 Tersangka
AKP Rizky Pratama

Polisi Tetapkan 17 Tersangka

LUWUK— Polres Banggai akhirnya menetapkan 17 orang sebagai tersangka, dari 20 lebih orang yang diamankan saat bentrokan antara masyarakat dengan petugas di Desa Koyoan, Kecamatan Nambo, Senin (28/8) lalu.
Kasat Reskrim Polres Banggai AKP Rizky Pratama, menyebutkan, dari 17 tersangka, 1 tersangka berinisial SA yang membakar sepeda motor milik TNI, 6 tersangka terbukti sebagai provokator dan 10 tersangka lainnya membawa senjata tajam.
Selain itu, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa 17 unit kendaraan sepeda motor, empat anak panah, senjata tajam dan batu yang digunakan saat melempar petugas. “17 tersangka sudah ditahan di sel tahanan Mapolres Banggai,” ungkapnya, Senin (4/9).
Untuk tersangka pembakaran sepeda motor TNI, kata Rizky Pratama, dijerat dengan pasal 187 atau 170, tersangka yang membawa senjata tajam dijerat dengan undang-undang darurat, sementara tersangka yang memprovokasi akan dijerat dengan pasal 169, 160 atau 170. “Ancaman hukuman 6 tahun penjara,” terangnya.
Ditanya soal kasus yang sama di depan kantor DPRD Banggai, Kasat enggan berkomentar. “Kalau di DPRD belum,” singkatnya.
Sebelumnya, bentrok antar masyarakat dengan petugas pecah di Desa Koyoan, Kecamatan Nambo Senin (28/8) lalu. Ini terjadi karena petugas hanya mengijinkan perwakilan masyarakat yang datang dari wilayah Kintom untuk mengikuti dialog kebangsaan di kantor DPRD Banggai, yang membahas konflik horizontal pasca kasus penganiayaan yang meninggalnya warga Kelurahan Jole, Kecamatan Luwuk, Nurholis Saputra Dayanun (20).
Tapi saat itu, warga menginginkan mereka semua diijinkan ke DPRD Banggai. Karena melihat situasi yang tidak kondusif, maka petugas memukul mundur warga dari Desa Bubung, Kecamatan Luwuk Selatan hingga ke Desa Koyoan, Kecamatan Nambo.
Saat itulah, warga pun melempar petugas dengan batu serta membakar satu unit sepeda motor milik TNI. Petugas pun akhirnya mengeluarkan tembakan gas air mata dan peluru karet agar warga membubarkan diri.(awi)

About uman