Home » Banggai Laut » IB Sasar 500 Ekor Sap
IB Sasar 500 Ekor Sap
Petugas IB bersama peternak di Desa Tolisetubono, Kecamatan Banggai Utara, saat melaksanakan program IB beberapa waktu lalu. IB ditargetkan menyasar 500 ekor sapi.

IB Sasar 500 Ekor Sap

BANGGAI Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai Laut menargetkan, kedepan kebutuhan konsumsi sapi di daerah ini bisa dipenuhi. Tanpa harus mendatangkan dari wilayah lain. Solusinya dengan menggalakan inseminasi buatan (IB).
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai Laut, Adung Abdurahman, menerangkan program IB menyasar 500 ekor sapi di daerah ini. Jika berhasil, diyakini bisa memenuhi kebutuhan daging daerah maritim ini. “Sapi masih dipasok dari daerah lain,” jelas Adung, Senin (4/9).
Sejumlah desa yang tersebar di beberapa kecamatan telah didatangi untuk melaksanakan program ini. Para peternak menyambut antusias para petugas lapangan yang turun langsung. “Mulai dari vaksin, hormon maupun IB kami sudah laksanakan sejak Juni,” ujarnya.
Adung memang menginginkan adanya dukungan semua pihak.Sebab, IB merupakan program yang digulirkan untuk menggenjot target pemerintah ProvinsiSulteng, yakni produksi sejuta sapi.“Tingkat nasional adalah swasembada daging,” tutur mantan Kepala Bappeda itu.
Untuk menggenjot target tersebut, Adung juga meminta seluruh masyarakat agar tidak menyembelih atau membawa sapi betina produktif keluar daerah. Ini sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 35/Permentan/ OT.140/7/2011 tentang Pengendalian Ternak Ruminansia Betina Produktif. “Ini tidak bisa lagi,” katanya.
Meski begitu, Adung mengaku, masih mengalami beberapa kendala. Salah satunya, petugas IB di Kabupaten Banggai Laut hanya dua orang saja. Padahal, seharusnya untuk melaksanakan program ini dibutuhkan 21 petugas bersertifikasi. “Setiap kecamatan tiga petugas. Kami juga upayakan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dengan Diklat setiap tahun,” jelasnya. (ali)

 

About uman