Home » Politik » FPP Mendorong Partisipasi Politik Publik
FPP Mendorong Partisipasi Politik Publik
Makmur Manesa

FPP Mendorong Partisipasi Politik Publik

LUWUK– Dibentuknya forum pemilu partisipatif (FPP) di Kabupaten Banggai, selain sebagai wujud partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu juga bertujuan meningkatkan partisipasi politik publik pada gawean pemilu itu sendiri.
Demikian pernyataan Makmur Manesa sebagai penginisiator FPP Kabupaten Banggai, kepada Luwuk Post, Senin (4/9).
Dijelaskannya, hadirnya FPP sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu, sebagaimana diatur dalam pasal 448 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dalam bunyi regulasi itu yakni dalam bentuk sosialisasi pemilu, pendidikan politik bagi pemilih, survei atau jajak pendapat tentang pemilu dan penghitungan cepat hasil pemilu. Yang tentu saja sambung Makmur, eksistensi FPP tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu dan tidak mengganggu proses penyelengaraan tahapan pemilu.
Hal lain juga disampaikan Makmur, FPP hadir bertujuan untuk meningkatkan patisipasi politik masyarakat secara luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar di Kabupaten Banggai. “Yang pasti peran FPP sangat mulia dalam menciptakan demokrasi yang sehat di daerah ini,” ucapnya. (yan)

About uman