Home » Politik » Warga Babasal Bikin Gawean Akbar
Warga Babasal Bikin Gawean Akbar
Abdul Ukas Marzuki

Warga Babasal Bikin Gawean Akbar

LUWUK– Pasca konflik antaretnis di Kota Luwuk, praktis membangkitkan rasa kebersamaan warga Babasal (Banggai, Balantak dan Saluan). Sikap itu tercermin dengan akan dilaksanakannya pertemuan akbar yang melibatkan tiga etnis lokal tersebut.
Rencana ini disampaikan praktisi hukum sekaligus tokoh pemuda Babasal, Abdul Ukas Marzuki kepada Luwuk Post, Rabu (30/8).
Apa agendanya? Ukas menjelaskan, rapat akbar itu bertujuan untuk menciptakan lembaga yang dapat dijadikan sebagai sarana penyaluran aspirasi bagi seluruh masyarakat Babasal.
“Dalam gawean itu kami juga akan mengundang seluruh masyarakat Kabupaten Banggai yang sepaham dengan keinginan untuk melihat daerah ini lebih baik lagi kedepan,” tandas Ukas.
Sebelum action tambah Ukas, pihaknya akan meminta persetujuan lembaga adat dalam hal restu Tomundo Banggai. Hajatan akbar masyarakat Babasal ini dilakukan semata-mata untuk dapat menjalin silaturahmi terhadap seluruh masyarakat Banggai khususnya Babasal.
Tak hanya persetujuan Tomundo lanjut Ukas, dalam acara itu akan mengundang pula warga dari Kabupaten Bangkep dan Balut, minimal sejumlah perwakilannya.
Konsep yang akan dirumuskan lewat silahturahim itu kata Ukas, menyatukan persepsi dalam melihat gerbong Babasal dan Kabupaten Banggai lebih baik kedepan.
Menyangkut jadwal kegiatan, Ukas belum dapat memastikannya. “Rencananya setelah Idul Adha, sekaligus kami menunggu persetujuan dari para tokoh Babasal dan yang paling penting kami mendapat persetujuan dari lembaga adat dan seluruh masyarakat Kabupaten Banggai,” tutup Ukas. (yan)

About uman