Home » Banggai Laut » Petahana Harus Serahkan Aset
Petahana Harus  Serahkan Aset
Warga Desa Labuan Kapelakmendatangi Dinsos-PMD/P3A KabupatenBanggai Laut, Rabu (30/8). Mereka mengeluhkan aset desa yang masih dikuasai mantan kades.

Petahana Harus Serahkan Aset

BANGGAI – Warga DesaLabuan Kapelak, Kecamatan BanggaiSelatan, mendatangai DINSOS-PMD/P3A, Rabu(30/8). Mereka mengadukan mantan Kepala Desa (kades) setempat,Husni Laderi yang belum mengembalikan sejumlah aset desa, termasuk sepeda motor.
Warga setempatkhawatir, aset tersebut bakal dimanfaatkan Husni untuk menunjang kegiatan selama pilkades. Padahal, instruksi pengembalian aset bagi mantan kades itu diatur dalam pasal 55 dan 56 Perda Nomor 1/2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kades.
“Tadi kami sudah menghadap ke dinas Sosial-PMD/P3A dan diterima Sekdis, pak Muhajir,” ujar seorang warga Labuan Kapelak, kemarin.
Di kesempatan itu, SekretarisDINSOS-PMD/P3A,Muhajir menjelaskan, Husni sudah mengajukan permohonan cuti. Namun, surat persetujuan Bupati belum juga turun hingga sekarang. “Surat permohonan cutinya sudah ada tapi persetujuan pak Bupati yang belum sempat diproses karena pak Bupati sedang keluar daerah,” terang Muhajir.
Akibatnya, saat ini Desa Labuan Kapelak belum ada penunjukan Pelaksana tugas (Plt). Muhajir menyarankan agar Ketua BPD setempat berkonsultasi lebih dahulu ke Camat Banggai Selatan. “Nanti pak Camat yang proses penunjukan Plt termasuk prosesi serah terima aset,” urainya.
Muhajir juga mengingatkan agar BPD di desa-desa peserta pilkades segera ajukan surat ke kecamatan jika menghadapi masalah seperti ini. “Seharusnya satu bulan sebelumnya BPD harus sudah melapor karena prosedur penerbitan SK Plt butuh proses panjang,” tuturnya. (sbt)

About uman