Home » Berita Utama » Kantor Dinsos Dilalap Si Jago Merah
Kantor Dinsos Dilalap Si Jago Merah
Petugas damkar berusaha memadamkan api yang melalap kantor Dinsos Kabupaten Banggai di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Rabu malam (30/8).

Kantor Dinsos Dilalap Si Jago Merah

LUWUK—Belum hilang dari benak masyarakat Luwuk dari konflik horizontal yang terjadi di kota Luwuk, masyarakat kembali digegerkan dengan kebakaran yang terjadi di kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banggai, tepatnya di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, Rabu malam (30/8) sekira pukul 20.00 Wita.
Kantor Dinsos yang dipimpin Sofyan Lalusu itu, ludes dilalap si jago merah, meski di bagian belakang kantor dan gudang berhasil diselamatkan petugas pemadam kebakaran (damkar) yang menerjunkan empat unit mobil damkar.
Belum diketahui penyebab kebakaran, namun dugaan sementara karena korsleting arus listrik.
Amatan Luwuk Post, kebakaran di kantor eks Dinas Pertambangan Kabupaten Banggai ini sempat membuat petugas damkar kewalahan. Sebab, api dengan cepat merembet hingga ke atap. Ditambah lagi dengan tiupan angin, sehingga api sulit dipadamkan.
Di belakang kantor ini, terdapat TK Pratiwi. Takut merembet hingga ke sekolah tersebut, 1 unit mobil damkar stand by, tepatnya di Jalan RA Kartini. Nosel damkar pun diarahkan lurus dari arah TK Pratiwi untuk menjinakan api. Sementara 1 unit mobil damkar juga berapa di lokasi pasar batu akik tepat di samping kantor. Sementara dua mobil damkar berada di depan kantor.
Beruntung, dua mobil operasional yang berada di halaman kantor tidak dilalap api. Sementara petugas dibantu masyarakat terus berusaha memadamkan api.
Seorang saksi mata yang saat itu melintas, kaget melihat kantor sudah terbakar. Kata dia, dari kejauhan, awalnya api berasal dari bawah setelah itu berembet hingga ke atas (atap). Setelah itu, ada sebagian warga yang lain langsung melapor ke kantor petugas damkar yang jaraknya hanya sekira 50 meter dengan lokasi kebakaran. Tak lama kemudian petugas damkar tiba dan langsung memadamkan api.
“Api cepat merembet,” kata pria yang juga berprofesi sebagai tukang ojek ini kepada Luwuk Post.

Kapolres Turun Langsung
Sementara itu, Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno meninjau langsung lokasi pembakaran. Bahkan Kapolres memerintahkan anggotanya untuk membantu petugas damkar memadamkan api. Selain itu anggota TNI juga turut membantu.
Kapolres juga terlihat membantu merapikan pipa damkar dan menghimbau masyarakat jangan mendekati lokasi pembakaran agar tidak menghalangi proses pemadaman.
Hingga berita ini dikorankan sekira pukul 22.00 Wita, api belum berhasil dijinakan. Ada sebagian ruangan yang masih terbakar. Begitupun dengan di ruangan belakang yang berdekatan dengan gudang tempat disimpannya bantuan-bantuan sosial.(awi)

About uman