Home » Metro Luwuk » Aktivitas Ekonomi dan Pendidikan Kembali Normal
Aktivitas Ekonomi  dan Pendidikan  Kembali Normal
Sejumlah pertokoan jalan Jendral Achmad Yani, saat tidak beraktifitas, Senin (28/8). Saat ini, aktifitas perekonomian di kota Luwuk kembali normal.

Aktivitas Ekonomi dan Pendidikan Kembali Normal

LUWUK— Aktivitas ekonomi dan pendidikan mulai normal pasca konflik horizontal yang terjadi akhir akhir ini di kota Luwuk. Jalanan di kota Luwuk sudah ramai dipadati kendaraan, apalagi di Jalan Jenderal Sudirman komplek pertokoan, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk.
Aktivitas bongkar muat di jalan yang sering langganan macet itu mulai terlihat. Kendaraan roda empat, dan parah buruh mondar-mandir, ada yang memikul dan mengangkut barang dari toko ke pelabuhan rakyat. Begitupun juga di pelabuhan rakyat, tampak ramai dengan aktivitas bongkar muat.
Samahalnya di sekolah. Raut wajah siswa-siswi tampak cerah. Konflik horizontal beberapa hari terakhir ini hilang sekejap. Mereka kembali menatap masa depan dengan penuh harapan dan yang pasti tanpa konflik lagi.
“Alhamdulillah. Samua so bajalan normal,” kata seorang warga Luwuk dengan dialeg lokal Luwuk, Rabu (30/8).
Sementara itu, seorang tukang ojek, Ramlan bersyukur karena penghasilannya kemarin lumayan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. “Hampir satu minggu ini mancari setengah mati. Tapi tadi (kemarin) ini so banyak penumpang. Alhamdulillah so aman Luwuk,” tuturnya saat ditemui di pelabuhan rakyat.
Ia menyatakan, selama konflik horizontal terjadi, penumpang sedikit. Penghasilan berkurang, kebutuhan keluarga pun tidak tercukupi. Ia berharap, konflik seperti ini tidak terulang lagi.
“Baru satu minggu saja so setengah mati. Apalagi satu bulan, satu tahun lamanya seperti konflik di daerah lain. So te bisa dibayangkan bagaimana depe setengah mati,” papar Ramlan yang kepalanya masih dilindungi helm dari pancaran sinar matahari.(awi)

About uman