Home » Banggai Laut » Warga Lala TuntutPemekaran
Warga Lala  TuntutPemekaran
Warga Sub Desa Lala Desa Lantibung, Kecamatan Bangkurung, mendatangi DPRD Banggai Laut, Selasa (29/8). Mereka menuntut pemekeran status temat tinggal mereka dari dusun menjadi Desa.

Warga Lala TuntutPemekaran

BANGGAI–Warga Sub Desa Lala Desa Lantibung, Kecamatan Bangkurung, mendatangi Wakil Bupati Tuty Hamid dan DPRD Banggai Laut, Selasa (29/8). Kedatangan mereka untuk menuntut pemekaran status dari dusun menjadi desa.
Wakil Bupati Tuty menerima puluhan warga tersebut di rumah jabatannya. Di DPRD mereka diterima langsung Aleg dari komisi I. Anggota Komisi I DPRD Banggai Laut, Yanto Sinorit, menjelaskan, perjuangan warga Sub Desa Lala telah berlangsung sekitar 30 tahun. Karena itu, dia meminta seluruh Aleg mendukung hal ini.
“Saya minta DPRD mendukung hal ini,“ kata Yanto, kemarin.
Sementara itu, seorang warga setempat, Suhardin, memaparkan, pihaknya telah mengajukan permohonan pemekaran sejak Juli 2016. Tetapi, tak mendapat respons dari pemerintah daerah. “Kami datang ke sini hanya ingin Dusun Lala dimekarkan menjadi devenitif,” kata Suhardin.
Lanjut dia, kedatangan kali ini sebagai tindaklanjut atas pertemuan dengan Bupati Wenny Bukamo beberapa bulan lalu. “Ketemu sebelum Lebaran dan beliau menyampaikan datang sama saya,” ujarnya.
Anggota Komisi I DPRD Banggai Laut, Wedy Pattiwael, mengaku, sudah bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat Sub Desa Lala. Karena itu, dia turut mendukung pemekaran tersebut. “Saya ketemu baik secara langsung maupun tidak,” tutur Wedy.
Wedy menerangkan, untuk menjadi desa, langkah yang dtempuh yakni harus dibentuk panitia, laporan jumlah penduduk serta potensi desa. “Dimasukkan ke Kabag Pemerintahan, lalu ke Bupati. Kemudian akan dibahas,” jelasnya.
Wedy menambahkan, Wakil Bupati telah menyeteujui agar dibentuk desa persiapan. Hal ini, kata dia, akan terus dikawal oleh DPRD. “ Kami akan komunikasiakan dengan eksekutif,” tuturnya. (ali)

About uman