Home » Banggai Laut » Sejumlah Desa Tetapkan Calon
Sejumlah Desa Tetapkan Calon
BASRI TAHER

Sejumlah Desa Tetapkan Calon

BANGGAI UTARA – Tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2017 mulai bergulir. Sejumlah desa bahkan sudah tuntas melaksanakan penetapan calon. Salah satunya di Desa Lokotoi dan Paisumosoni, Kecamatan Banggai Utara.
Ketua Panitia Pilkades Desa Lokotoi, Basri Taher, mengatakan, terdapat lima pendaftar. Seluruhnya dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon Kades. “Kita sudah cabut undian Minggu (27/8),” kata Basri, Selasa (29/8).
Dari tahapan yang dijalani, Basri menyatakan telah bekerja sesuai penjadwalan yang tercantum dalam Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pilkades Serenak. “Alhamdulillah, kami sesuai jadwal. Saat ini para kandidat mulai susun visi dan misinya menghadapi tahapan kampanye yang dimulai tanggal 24 bulan depan serta debat kandidat pada 27 September,” terangnya.
Sementara itu, Sekretaris Desa Lokotoi, Suhurin M. Syair, menjelaskan, pihaknya menyiapkan dua TPS untuk melayani sekira 900 wajib pilih. Dia optimistis, pilkades nanti akan berjalan sukses dan aman. Pasalnya, semua kandidat masih dalam satu rumpun kekerabatan. “Prinsipnya, kita mendukung siapapun yang nantinya akan terpilih. Kemarin para kandidat juga berinisiatif buat pernyataan pemilu damai.
Ketua BPD Lokotoi, Amrin Karim berharap kades yang baru mampu bekerja sama secara lebih baik dalam pola kemitraan bersama BPD. “Saya yakin, semua calon adalah utusan terbaik yang dapat diterima masyarakat dan dapat membawa kemajuan bagi desa ini ke depan,” tandasnya.
Secara terpisah, di Desa Paisumosoni, informasi yang diterima koran ini, hanya terdapat dua calon. Yakni Marconi Sihaka (petahana) dan Dahniar J. Mbayang. Penetapan calon di wilayah tersebut telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. (sbt)

About uman