Home » Banggai Kepulauan » Test Urine Balon Kades Ada yang Positif
Test Urine Balon Kades Ada yang Positif
Asriansyah

Test Urine Balon Kades Ada yang Positif

SALAKAN– Sebanyak 200 bakal calon kepala desa (Balon Kades) yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Oktober mendatang, menjalani test urine di Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangkep, sejak 17 Agustus 2017 pekan lalu.
Dari hasil test urine tersebut, beberapa balon kades dinyatakan positif menggunakan benzodiazepine atau zat yang terkandung dalam obat obatan yang harus melalui resep dokter. “Ada beberapa yang positif,” ungkap Konselor BNNK Bangkep, Asriansyah, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/8).
Menurut pria yang akrap disapa Anca ini, para balon kades yang positif menggunakan benzodiazepine dilakukan pemeriksaan secara intensif. Hasilnya, tidak ditemukan adanya unsur penyalahgunaan. Benzodiazepine merupakan zat yang lebih sering didapatkan pada obat tekanan darah tinggi. Penggunaannya harus melalui resep dokter. “Kita minta keterangan mereka (balon kades) lebih dalam. Kita juga meminta resep yang diberikan dokter. Hasilnya tidak ada unsure penyalahgunaan,” katanya.
Dalam hal ini, lanjut Dia, BNNK tetap mengeluarkan surat hasil pemeriksaan test urin sejumlah balon kades tersebut dengan hasil positif. “Hanya saja, kita berikan keterangan bahwa hasil positif itu karena adanya zat benzodiazepine, yang digunakan mereka untuk pengobatan dan bukan penyalahgunaan obat obatan terlarang,” jelasnya. (and)

About uman