Home » Metro Luwuk » Tambang Ilegal Kilo 47 Ditertibkan
Tambang Ilegal Kilo 47 Ditertibkan
Sejumlah staf kecamatan, Kepala Desa Rinto Lemo serta Babinkamtibmas Ansyar saat berada di lokasi tambang Kilo 47, Selasa (22/8).

Tambang Ilegal Kilo 47 Ditertibkan

TOILI-Aktivitas tambang ilegal di kilometer 47 Desa Uwemea Kecamatan Toili masih dikelola oleh warga setempat. Tahun lalu, tepatnya 28 Agustus 2016, kehadiran WNA asal Korea di lokasi tambang tersebut ditertibkan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur (alm) Sudarto.
Bukan hanya merusak lingkungan, namun aktivitas tambang mengancam badan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Touna dan Banggai.
Kepala Seksi Pembangunan kecamatan Toili , Ahmad Basori mengaku mendapat instruksi Gubernur terkait penertiban tambang emas ilegal tersebut. Sebab, penambang mengancam jalan tersebut.”Kita sudah tertibkan selasa kemarin. Kami berharap warga Uwemea tidak mencari emas di dekat jalan itu,” tegasnya, Rabu (23/8).
Kegiatan penertiban yang diikuti oleh sejumlah pegawai kecamatan Toili, Kepala Desa Uwemea Rinto Lemo, Sekretaris Desa Diki dan Babinkamtibmas menyarankan kepada sejumalah warga untuk beroperasi minimal jarak 50 meter dari ruas jalan.”Masalahnya sementara proses pengerasan jalan, kalau tidak cepat ditindaki yakin saja kalau terjadi longsor,” pungkasnya.(um)

About uman