Home » Politik » Jadi Cabup Harus Bernyali Besar
Jadi Cabup Harus Bernyali Besar
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banggai, Samsulbahri Mang membutuhkan nyali politik yang besar untuk tampil sebagai calon bupati (cabup) pada pilkada 2021. Bali Mang saat menerima warga yang mendatangi kantor DPRD Banggai, beberapa waktu lalu.

Jadi Cabup Harus Bernyali Besar

LUWUK— Wacana Samsulbahri Mang menjadi calon bupati (cabup) bukan baru kali ini. Keinginan politik Ketua DPD Partai Golkar Banggai ini menjadi top leader di daerah sudah ada sejak pilkada 2011 dan pilkada 2015. Namun planningnya itu mentah. Gagalnya masuk bursa pilkada sebanyak dua kali itu, sehingga lahir pendapat bahwa Bali Mang tidak memiliki nyali politik yang besar untuk berkompetisi sebagai calon Banggai I.
Pendapat itu melahirkan reaksi kader beringin. Juru bicara yang juga Sekretaris Penggalangan Opini dan Kampanye DPD Partai Golkar Banggai, Ahmad Ridwan, Rabu (23/8) membantahnya. “Ini bukan persoalan nyali politik kecil. Akan tetapi situasi politik yang mengharuskan pak Ketua (Bali Mang) belum tampil sebagai cabup pada dua pilkada Banggai lalu,” kata Ahmad Ridwan.
Bali Mang di mata politisi yang akrab disapa Rid ini, memiliki nyali politik yang besar. “Jangankan bupati, calon presiden Bali Mang siap,” kata Rid. Akan tetapi lanjut dia, semua tentu saja punya berbagai tahapan dan syarat-syaratnya. Tahapan untuk menjadi cabup, tentu bukan hanya berdasarkan kemauan politik seseorang dan bukan sekedar berangkat dari pengalaman, akan tetapi ada ketentuan teknis yang harus dipenuhi.
Bicara konteks pilkada hari ini menurut Rid, masih sangat prematur. Bagaimana mungkin mendorong seseorang menjadi cabup, lantas belum ada syarat-syaratnya. Semisal adanya partai atau gabungan partai yang digunakan sebagai pengusung. Karena tahapan itu belum ada, sehingga Partai Golkar saat ini masih fokus pada kerja kerja politik di parlemen.
Selain diinternal Partai Golkar belum merumuskan apakah Bali Mang akan maju sebagai calon Banggai I atau Banggai II juga belum terpikir di benak Ketua DPD Partai Golkar Banggai untuk berkompetisi di bursa pilkada. Sebab sejauh ini masih kosentrasi pada perannya sebagai wakil rakyat di parlemen lalong. (yan)

About uman