Home » Politik » Bentuk FP3
Bentuk FP3
Makmur Manesa

Bentuk FP3

SEMANGAT Makmur Manesa tidak kendur, sekalipun tak sukses menjadi anggota Panwas Kabupaten Banggai. Keinginannya untuk melakukan pengawasan terhadap pemilu tidak tertutup.
Baru-baru ini, aktivis yang sering nongol di koran ini membentuk Forum Pengawasan Pemilu Partisiptif (FP3). Kepada Luwuk Post, Selasa (22/8) kemarin, Makmur menjelaskan alasannya sehingga mendeklarasikan wadah itu.
Kata dia, undang undang pemilu menghendaki adanya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu. Undang undang memberikan ruang bagi masyrakat untuk dapat terlibat langsung dalam pemilu. Adapun bentuk keterlibatan masyarakat dalam pemilu seperti menjadi anggota penyelengara pemilu yakni anggota KPU, Panwas, lembaga pemantau serta melakukan pengawasan pemilu partisipatif.
Pengawasan partisipatif itu kata Makmur, bisa dilakukan dengan sukarela, tentu saja punya komitmen yang tinggi demi mewujudkan hasil pemilu berkualitas. “Pengawasan partisipatif bisa dilakukan oleh seorang atau kelompok masyarakat,” jelas dia.
Atas kehendak undang undang itulah sambung Makmur, sehingga FP3 dibentuk sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam pemilu, dengan komitmen yang tinggi mendorong terwujudmya hasil pemilu yang berkualitas.
Pemilu yang berkualitas sambung dia, akan melahirkan pemimpin bermartabat dan legitimate. Pola pengawasan partisipatif konsisten merujuk pada UU pemilu, dimana setiap terjadinya pelanggaran akan diadukan dilaporkan kepada pengawas pemilu terdekat dengan ketetentuan syarat formal, unsur pelanggaran dan barang bukti harus terpenuhi.
“FP3 akan mendorog kepada Panwas dalam upaya pencegahan pelanggaran pemilu serta mendorong kepada Panwas melakukan penanganan pelanggaran secara cermat sesuai regulasi pemilu,” tutup Makmur. (yan)

About uman