Home » Torang p Sekolah » Siswa PIP Jangan Kena Pungutan
Siswa PIP Jangan  Kena Pungutan
Wahid Maliha

Siswa PIP Jangan Kena Pungutan

LUWUK-Warning bagi sekolah-sekolah yang masih menerapkan pungutan komite terhadap siswa yang memiliki kartu Program Indonesia Pintar atau PIP.
Pasalnya Ketua Musyawarah Kepala Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA Kabupaten Banggai sudah menekankan tidak ada alasan bagi pihak sekolah untuk menerapkan pungutan bagi siswa PIP. “Itu sudah kita sepakati bersama kepala SMA waktu rapat MKKS bulan Juli lalu,” kata Wahid, Kamis (17/8).
Dengan kesepakatan itu maka pihak sekolah tidak ada alasan untuk melakukan pungutan. Apalagi kesepakatan untuk tidak memungkut siswa PIP juga diatur dalam Surat Edaran Peraturan Gubernur (Pergub) terkait pungutan komite. “Di dalam Pergub sangat jelas di pasal 9 dan pasal 10, tidak dipungut dari peserta didik atau orang tua yang tidak mampu secara ekonomi,” jelasnya.
Namun, Wahid mengakui pihaknya hanya sebatas mengingatkan saja bahwa pungutan itu tidak bisa dilakukan. Tapi jika pihak sekolah tetap bandel ia tidak bisa memberikan sanksi tegas. “Kalau sanksi saya tidak bisa. Karena itu persoalan internal mereka,” pungkas kepala SMA Ngeri 2 Luwuk itu. (tr-55)

About uman