Home » Berita Utama » Pengibaran Bendera Bawah Laut Sukses
Pengibaran Bendera Bawah Laut Sukses
Perayaan HUT Kemerdekaan RI juga ditandai dengan pengibaran bendera merah putih di dalam laut di pantai wisata kilometer lima, kamis (17/8).

Pengibaran Bendera Bawah Laut Sukses

LUWUK – Aksi pengibaran bendera bawah laut di Pantai Wisata Kilo 5 oleh tim gabungan penyelam berjalan sukses dan disaksikan oleh masyarakat yang antusias.
Koordinator Kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut Pantai Wisata Kilometer Lima, Chandra, mengatakan, kegiatan penaikan bendera merah putih di dalam laut kilometer lima melibatkan sekitar 30 orang penyelam dari berbagai instansi dan komunitas, yakni Dinas Pariwisata, KPLP Banggai, KPLP Balut, Polres Bangkep, Polres Banggai, Basarnas, Maleo Diving Club dan Tompotika Dive Lodge.
Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim dan dihadiri oleh unsur forkopimda serta masyarakat umum. Chandra mengatakan, pemerintah daerah berencana merutinkan kegiatan itu setiap tahun untuk mempromosikan objek wisata pantai kilometer lima. Bahkan, tanggal 28 Oktober nanti, Pemerintah Daerah akan menurunkan fish home di kilometer lima dan laut Pulau Dua Kecamatan Balantak Utara.
Kegiatan pengibaran bendera merah putih dibawah laut merupakan kali kedua. Pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-71, tahun lalu, pengibaran bendera merah putih bawah laut dilakukan di kedalaman 16 meter dan melibatkan 11 penyelam. “Tahun ini pengibaran bendera dari bawah laut enam meter dan dua meter diatas permukaan laut,” tuturnya.
Kegiatan pengibaran bendera tersebut menambah kesemarakan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke -72 di wilayah Kabupaten Banggai. Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung di Alun-alun Bumi Mutiara sangat menarik. Baik dari sisi penaikan bendera maupun dekorasi lapangan upacara. Pasukan Pengibar Bendera melaksanakan tugas tanpa kesalahan sedikit pun. Nuansa merah putih nampak dominan.
Bendera sepanjang 283 meter dibentangkan mengelililngi lapangan bumi mutiara. Tiang tiang bendera sepanjang itu tidak ditanam tapi dipegang oleh Pengurus Oi Rimba Raya Kabupaten Banggai, sejak pukul 07.00 hingga upacara selesai. Tak hanya itu, dari Gunung W, dibentangkan bendera merah putih sepanjang 40 x 6 meter.
Tak kalah menarik adalah penampilan drama perjuangan yang ditampilkan personil Kodim 1308 Luwuk Banggai. Tak kurang, warga Luwuk menyambut gembira nuansa baru dalam perayaan kemerdekaan itu.“Pertama dalam sejarah 17-an di Banggai. Merdeka,” tulis IBerliana, di facebooknya. (ris)

About uman