Home » Berita Utama » Peluang Bali Mang Banggai I Ditentukan 2019
Peluang Bali Mang  Banggai I Ditentukan 2019
Samsulbahri Mang

Peluang Bali Mang Banggai I Ditentukan 2019

LUWUK— Wacana Samsulbahri Mang akan meramaikan bursa calon bupati Banggai pada pilkada 2021 cukup kencang. Respons publik itu tercermin lewat baliho bertuliskan Obama for Banggai I, yang terpasang pada salah satu ruas jalan di Kelurahan Simpong Kecamatan Luwuk Selatan.
Meski begitu, Ketua DPD Partai Golkar Banggai tersebut belum memberi tanggapan atas aspirasi arus bawah itu. Pada sebuah kesempatan, Bali Mang—sapaan akrabnya—pernah berujar bahwa akan kosentrasi pada kerja-kerja di parlemen. Begitu pula ketika disodorkan pertanyaan serupa kepada para kader beringin, mereka menegaskan belum ada sikap resmi Partai Golkar.
Lahir analisa bahwa sikap politik Bali Mang di pilkada 2021, akan sangat ditentukan pada pileg 2019. Dan persepektif politik itu diaminkan aktivis Linca, Syahrin Taalek. “Saya sepakat dengan pendapat itu,” ucap Syahrin, Kamis (17/8).
Ketika pada pileg 2019, Partai Golkar mampu mempertahankan dominasi kursi di parlemen lalong, maka diprediksi Bali Mang akan mendapat legitimasi partainya sebagai calon Banggai I. “Golkar akan makin pede (percaya diri) apabila kembali menjadi pemenang pileg. Nah, sudah pasti partai itu tak lagi dirental oleh figur lain,” ucap Syahrin.
Tapi apabila palu sidang DPRD berpindah tangan, tentu ada skenario B yang kemungkinan akan diambil Bali Mang dan partainya. Di sini lanjut Syahrin, terbuka peluang pasangan Herbal (Herwin-Bali Mang).
Syahrin tidak sepakat dengan lahirnya spekulasi bahwa maraknya baliho milik Bali Mang adalah untuk membenturkan Herwin dan Bali Mang. “Sedikitpun tak ada pengaruh. Komunikasi politik dan di pemerintahan tetap terjaga. Apalagi Herwin dan Bali Mang adalah besanan, sehingga tidak akan terpancing,” kata dia. (yan)

About uman