Home » Berita Utama » Ekspor Gurita
Ekspor Gurita
Joses M Tengkilisan, menerima piagam penghargaan dari Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, MM di alun alun Bumi Mutiara, Kamis (17/8). Ia adalah salah satu pengusaha dan kepala BUMN yang menerima penghargaan atas komitmen dan dukungan dalam mewujudkan ekspor komoditi hasil laut di Kabupaten Banggai 2017.

Ekspor Gurita

USIA boleh muda. Tapi, aktivitas mendunia. Seperti itulah Joses M Tengkilisan. Ia adalah Direktur PT Banggai Indo Gemilang. Perusahaan yang mengelola komoditi hasil laut di Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut.
Ia adalah pelaku bisnis di sektor perikanan yang mengapalkan produknya melalui perairan internasional ke sejumlah negara. Jika tahun 1997, perusahaannya mengekspor ikan untuk makanan anak anak ke Jepang, kini dia beralih ke komoditi gurita. “Sebelumnya ekspor mirin boshi, ikan yang dikeringkan. Tapi sejak tahun 2000, kami mengekspor gurita,” tambahnya.
Selain dari perairan Kabupaten Banggai, Joses memperoleh gurita dari tiga kecamatan di Banggai Kepulauan, yakni Buko, Buko Utara dan Buko Selatan. “Potensi gurita di perairan Banggai dan Banggai Kepulauan sangat besar,” tuturnya.
Bahkan, tahun ini, selang bulan Februari hingga April, Joses adalah satu satunya “pemain” dalam ekspor gurita di dunia. “Pernah semua orderan (gurita) numpuk di Luwuk. Tapi bulan Agustus ini, Philipina, India maupun Kupang Indonesia akan membanjiri ekspor gurita dunia,” ungkapnya.
Dalam sebulan, perusahaannya mengekspor 30 ton gurita ke pasar Thailand dan Amerika. “Ekspor ke Amerika dan Thailand dengan pintu ekspor Luwuk,” tambahnya.
Pihaknya menggandeng perusahaan pelayaran ketiga terbesar di dunia, PT Container Maritime Activities-CMA CGM.“Selama bulan Agustus ini kami ekspor 15 ton gurita, untuk sementara melalui pintu Surabaya sebelum ke Eropa,” tambahnya.
Joses termasuk pengusaha yang mendapatkan penghargaan dari Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim, atas komitmen dan dukungan dalam mewujudkan ekspor komoditi hasil laut di Kabupaten Banggai tahun 2017 pada momen peringatan Hari Kemerdekaan RI ke -72, di Alun Alun Bumi Mutiara, Kamis (17/8). Selain dia, sejumlah nama dari Banggai Mengekspor Club (BMC) juga mendapatkan piagam penghargaan atas dedikasi mereka mengenalkan potensi kelautan Luwuk hingga melintasi batas negara NKRI itu.
Mereka antaranya Kepala Indotropic Fishery Luwuk, Edy Handoko, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Pratama Luwuk, Saparuddin Muhammad, Kepala Stasiun KIPM Kelas II Luwuk-Banggai, M. Hanafi, Kepala UPBU Syukuran Aminudin Amir Luwuk Yuyus Yudana, Cipta Wiraswasta dari Meratus, Kepala PT Pos Indonesia, Andi Ayutani Paranita dan General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Luwuk, I Made Supertama. (ris)

About uman