Home » Metro Luwuk » Hotel Estrella Fasilitasi Sertifikasi Perhotelan
Hotel Estrella Fasilitasi  Sertifikasi Perhotelan
Rahmat Basuki

Hotel Estrella Fasilitasi Sertifikasi Perhotelan

LUWUK-Hotel Estrella Luwuk akan menggelar kegiatan sertifikasi profesi perhotelan bagi para karyawan hotel se Kabupaten Banggai, Jumat (18/8).
Kegiatan yang dikerjasamakan dengan Kementerian Pariwisata RI itu melibatkan sekira 30 hotel se Kabupaten Banggai. Sertifikasi profesi perhotelan disesuaikan bidang masing-masing peserta. Sertifikasi nanti akan dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata yang hadir sebagai pemateri dan penyelenggara. Kegiatan itu rencananya akan dibuka oleh Bupati Banggai, Ir. Herwin Yatim.“Kami mengkoordinir tempat dan peserta. Sementara konfirmasi keikutsertaan peserta langsung kepada Kementerian Pariwisata,” papar Rahmat Basuki, General Maneger Hotel Estrella Luwuk, belum lama.
Rahmat berharap dengan sertifikasi peserta yang merupakan karyawan hotel dapat meniti karier dimanapun dengan lebih mudah. Sebelum digelar Luwuk, sertifikasi serupa sudah digelar di Kota Palu.
Rahmat mengatakan, upaya tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah yang kini mendorong pembangunan di sektor pariwisata. “Pemerintah lagi gencar gencarnya mempromosikan potensi pariwisata dimasing masing daerah. Upaya tersebut perlu didukung dengan kesiapan sumber daya manusia,” paparnya.
Selaku pelaku bisnis perhotelan yang pernah bertugas di Lombok, Rahmat memahami benar bahwa sumber daya manusia tidak bisa diabaikan dalam upaya membangun sektor pariwisata. Karena itu, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata menggelar ujian sertifikasi bagi karyawan karyawan hotel.”Jangan sampai pariwisata booming sumber dayanya tidak siap,” ujarnya.
Ia berharap ketidaksiapan daerah lain tidak terjadi di Luwuk. Lombok misalnya. “Semua yang ada di Lombok belum tentu ada di Bali, dan semua yang ada di Bali pasti ada di Lombok. Sektor pariwisatanya (Lombok) sangat potensial. Namun yang kini lebih mendunia adalah Bali,” katanya.
Nah, Ia melihat Luwuk dan daerah daerah di Kabupaten Banggai memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah menarik. Untuk mempromosikan anugerah Tuhan yang sangat besar itu, pihaknya berupaya membantu pemerintah daerah dalam memersiapkan sumber daya manusia dengan menggelar ujian sertifikasi bagi karyawan dan karyawati hotel se Kabupaten Banggai. “Dengan kesiapan sumber daya manusia akan lebih mudah mempromosikan destinasi wisata,” katanya. (ris)

About uman