Home » Berita Utama » Didukung ke DPD RI, Musdar Senang
Didukung ke DPD RI,  Musdar Senang
Musdar M. Amin

Didukung ke DPD RI, Musdar Senang

LUWUK— Dukungan buat Musdar M. Amin untuk maju sebagai calon DPD RI, lahir dari kalangan akademisi. Rektor Untika Luwuk ini bisa mewakili aspirasi masyarakat di jazirah timur Sulteng.
Dorongan moril itu disambut hangat Musdar. Wakil Bupati Banggai diera kepemimpinan Ma’mun Amir ini mengapresiasi. “Alhamdulillah,” ucap Musdar yang dihubungi via ponsel, Senin (15/8).
Meski begitu Musdar mengaku tidak akan gegabah. “Tentu saya melihat dulu referensi kondisi masyarakat. Apakah mereka memberi sinyal atau sebaliknya. Dan itu bisa dilakukan lewat survei ataupun observasi,” kata Musdar.
Persepsi tentang keterwakilan timur yang disebut-sebut menjadi modal awal, tak ditampik Musdar. “Itu memang perlu dicermati. Kans cukup terbuka jika itu jadi salah satu indikator,” kata mantan Kepala Bappeda Kabupaten Banggai ini.
Musdar rupanya tak hanya terfokus pada ‘saldo’ awal tersebut. Tapi dia juga mencermati tentang aturan main pencalonan DPD RI. Dalam ketentuan kata Musdar, minimal sebaran dukungan berasal dari 7 wilayah dari 13 kabupaten/kota se-Sulteng. Dan Musdar optimistis dapat memenuhi ketentuan itu.
Musdar tak hanya mengandalkan basis riil di Kabupaten Banggai, Bangkep dan Balut. Akan tetapi dia juga punya networking di wilayah lain. “Saya punya teman, punya sahabat dan keluarga pada sejumlah kabupaten. Tentu itu bisa jadi modal utama,” kata dia.
Bagaimana ketika regulasi mengisyaratkan harus mundur dari jabatan Rektor sebelum terpilih menjadi DPD RI? Pertanyaan ini sedikit mengkendurkan Musdar. “Kalau seperti itu tentu saya berpikir dua kali,” ucapnya.
Tapi yang pasti tambah Musdar, konteks pilkada berbeda dengan pileg, mengingat mereka adalah pejabat pemerintah, sehingga mundur menjadi harga mati. Untuk ketentuan pileg, belum tertuang ketentuan tersebut. Sehingga Musdar masih menaruh harapan, aturan mainnya tidak seperti itu. Meski begitu Musdar memberi apresiasi atas wacana dan dukungan moril yang diberikan padanya untuk bertarung sebagai calon DPD RI periode 2019-2024. (yan)

About uman