Home » Banggai Laut » Sempat Dirawat sebelum ke Arab Saudi
Sempat Dirawat sebelum  ke Arab Saudi
CJH Kabupaten Banggai Laut saat bertolak dari Kabupaten Banggai Laut, Rabu (2/8). Seorang CJH Ade Kodutano harus dirawat di salah satu rumah sakit di Balikpapan, Kalimantan Timur karena sakit.

Sempat Dirawat sebelum ke Arab Saudi

BANGGAI – Kepala Seksi Bimas Islam, Haji dan Umroh, Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut, Ramudin Kanja membenarkan jika terdapat seorang calon jamaah haji yang dirawat di salah satu rumah sakit di Balikpapan, Kalimantan Timur. CJH tersebut bernama Ade Kodutano, warga Kelurahan Lompio, Kecamatan Banggai.
“Iya ada satu orang. Sakit ginjalnya saat diperiksa sudah stadium 5,” jelas Ramudin saat dihubungi, Rabu (9/8) pagi.
Menurut Ramudin, saat dirawat di Kota Palu kondisi Ade sudah membaik sehingga diizinkan melanjutkan perjalanan ke Balikpapan. Namun, saat di Balikpapan kondisi kesehatannya kembali menurun. “Iya langsung opname,” katanya.
Apakah Ade masih bisa melanjutkan perjalanan? Ramudin mengaku masih menunggu hasil pemeriksaan dokter. “Sebenarnya sama-sama dengan kloter 6. Kemungkinan berangkat dengan kloter-kloter 10 atau 11,” ujar dia.
Sementara itu, seorang sumber resmi Luwuk Post menyebutkan, penyakit Ade tersebut tidak dideteksi sebelum keberangkatan. Sebab, tim medis dari Dinkes-P2/KB tak melakukan pemeriksaan. “Akhirnya sampai di Palu mulai nol lagi pemeriksaa,” ungkapnya.
Mestinya, kata dia, tim medis calon jamaah haji di Provinsi Sulteng tersisa menerima hasil pemeriksaan dari tim medis calon jamaah haji Kabupaten Banggai Laut untuk diteruskan ke pusat. “Apa permasalahannya sampai tidak ada laporan pemeriksaan?” katanya.
Di bagian lain, anggota tim medis calon jamaah haji Kabupaten Banggai Laut, Hartono membantah informasi itu. Dia menegaskan, sebelum keberangkatan telah dilakukan pemeriksaan. “Ada semua. Ada dilakukan vaksinasi,” jelas Hartono yang mengaku masih berada di Balikpapan.
Pria yang bertugas di Dinkes-P2/KB itu menginformasikan, setahun sebelum keberangkatan Ade sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit. “Sebelum pemberangkatan dia sudah masuk-masuk rumah sakit,” katanya.
Dia juga menginformasikan bahwa Ade bukan sakit ginjal sebagaimana yang dikatakan Ramudin. Hartono menyebut, Ade menderita penyakit kolestrol dan asam urat. Itu berdasarkan hasil pemeriksaaan rumah sakit di Balikpapan. “Ada mag juga,” jelas dia.
Meksi begitu, kata Hartono, Ade sudah diberangkatkan ke Arab Saudi bersama kloter 8 pada Selasa (8/8) malam. Sebab, merujuk hasil pemeriksaan dokter kondisinya sudah membaik. “Sama-sama dengan Sigi, Kota Palu. Tetap diberangkatkan biar tidak sama-sama kloter 6,” paparnya. BANGGAI – Sempat jalani perawatan di rumah sakit Balik Papan, kondisi jamaah haji asal Balut, Nurhasan Kodutano alias om Ade dikhabarkan sudah membaik.
Konfirmasi soal Ade dapat melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi juga datang dari pihak keluarga. “Bapak so berangkat, khabarnya sekitar jam 13.00 tadi beliau sudah tiba di Jeddah,” terang salah seorang anggota keluarga Ade saat dikonfirmasi kemarin sore.
Sumber menjelaskan selama perawatan itu, Ade didampingi dua orang anak perempuannya yang langsung terbang ke Balikpapan. “Begitu dengar kondisi bapak, kak Diana dengan kak Pia langsung berangkat. Ada juga pak Mantri Tono dari Dinas Kesehatan,” tuturnya. (ali)

About uman