Home » Politik » Pelanggaran Ketua KPU Diklaim Berat
Pelanggaran Ketua KPU Diklaim Berat
Suhartono Sahido

Pelanggaran Ketua KPU Diklaim Berat

LUWUK— KPU Sulteng belum menelorkan hasil pasca diundangnya Ketua KPU Banggai Irman Budahu untuk kepentingan klarifikasi atas laporan Bupati Banggai Herwin Yatim atas dugaan pelanggaran kode etik. Tapi bagi Suhartono Sahido yang merupakan mantan Ketua Panwas Kabupaten Banggai, apa yang telah dilakukan Irman merupakan pelanggaran berat.
Kepada Luwuk Post, Rabu (9/8) kemarin, Suhartono berargumen, tindakan Irman bisa dibilang intervensi. Sebab telah masuk dalam konflik kepentingan. Dan ini dapat dikategorikan pelanggaran serius, karena melanggar salah satu dari tujuh prinsip dasar pelaksana pemilu.
“Saya yakin tidak ada perintah KPU Sulteng baik secara hirarki kelembagaan, apalagi secara personal untuk mengurusi masalah sosial pasca eksekusi penggusuran warga tanjung,” kata Suhartono.
Irman nilai Suhartono, sebagai pejabat penyelenggara pemilu yang sering mengundang kontroversi. Satu contoh, ketika proses seleksi calon anggota Panwas Banggai beberapa waktu lalu. Integritas Irman cs terpantau menempel ketat Ketua tim seleksi zona II DR. Aminuddin Kasim SH, MH pada salah satu kafe dan rumah makan ternama di kota Luwuk.
Hal ini tentu melahirkan tanda-tanya besar. Apakah ingin membangun hubungan pertemanan karena kepentingan keponakannya yang juga calon Panwas atau hal-hal lain. Memang menjadi penyelenggara pemilu bukanlah perkara mudah. Beragam hal bisa menjadi sorotan publik.
Masih menurut dia, pemimpin itu panutan. Bisa dibayangkan sikap anak buah bila sering melihat pemimpinnya melakukan pelanggaran kesalahan. Inikan bertentangan dengan citra penguatan lembaga. Tak itu saja, terlihat mereka juga sudah tidak fokus bekerja sepenuh waktu. Buktinya masih ada komisioner yang bekerja sambilan sebagai dosen, bahkan sudah ada sikap serakah jabatan dengan ingin masuk bekerja pada lembaga pengawas pemilu.
Meski cukup pedas pernyataan ini kata Suhartono, namun semua menjadi domain KPU Provinsi Sulteng untuk memutuskannya. “Kita tunggu saja sikap tegas mereka,” kata Suhartono. (yan)

 

About uman