Home » Politik » Kadis PUPR Optimistis Lampaui Target

Kadis PUPR Optimistis Lampaui Target

LUWUK— Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banggai, Bambang Eka Sutedy optimisitis dapat melampaui target pendapatan asli daerah (PAD) yang tahun ini dipatok sebesar Rp600 juta. Keyakinannya itu disampaikan pada rapat koordinasi dengan Komisi 3 DPRD Banggai, yang dipimpin Saripudin Tjatjo. “Insyaallah kami bisa lampaui target PAD,” kata Bambang.
Dijelaskan Bambang, ada dua sumber pendapatan dinasnya, yakni sewa alat berat dan sewa laboratorium. Khusus untuk sewa laboratorium kata Bambang sudah melebihi target yakni Rp152 juta. Memang pada triwulan ke III ini capaian PAD baru menyentuh Rp309 juta lebih atau 51 persen lebih. Meski begitu, Bambang yakin PAD bisa digenjot hingga melebihi target. “Tahun lalu saja kita tembus Rp620 juta lebih. Dan kami yakin tahun ini target itu bisa terealisasi bahkan melampauinya,” kata Bambang.
Target PAD dinas yang satu ini setiap tahun terus naik. Mulai dari Rp275 juta hingga Rp600 juta. Alhasil, angka itu dapat dilampaui. Terkait dengan tantangan Komisi 3 agar tahun anggaran 2018, target PAD Dinas PUPR bisa dinaikkan hingga Rp1 miliar lebih, dijawab Bambang. “Kita siap. Asalkan dihitung dulu,” jawab Bambang.
Keberhasilan dinas yang dipimpinnya ini sambung Bambang, tidak lepas dari andil dewan dalam hal ini Komisi 3. “Kami terima kasih kepada Komisi 3 yang proaktif melakukan evaluasi terhadap serapan anggaran para OPD termasuk dinas kami,” kata Bambang.
Anggota Komisi 3 DPRD Banggai, Irwanto Kulap berpendapat, meskipun Dinas PUPR mencapai target PAD, namun belum sebanding dengan pengelolaan APBD sebesar Rp235 miliar. Memang kata Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini, ada kenaikan target dari Rp400 juta lebih menjadi Rp600 juta lebih. Akan tetapi dilain sisi belanja langsung dinas teknis tersebut naik, sehingga kenaikan PAD sekitar 30 persen belum lah signifikan. Saran Irwanto, kedepan target Dinas PUPR Banggai bisa naik mencapai Rp1 miliar. “Disini pentingnya kita menggelar rapat koordinasi, sehingga bisa sharing sekaligus evaluasi PAD dinas,” kata dia.
Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Banggai, Ibrahim Darise memberi apresiasi atas pencapaian penerimaan sewa laboratorium Dinas PUPR yang telah melebihi dari angka target. Meski begitu, Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai ini berjanji akan turun lapangan untuk memeriksa langsung salah satu item penerimaan PAD itu.
Ibra sapaan akrabnya juga menyarankan agar tahun depan, target PAD Dinas PUPR Kabupaten Banggai dinaikkan. “Sebenarnya ada banyak sumber pendapatan. Mulai dari penerimaan pembuatan kontrak hingga ada biaya PHO yang diberikan kontraktor. Bisa dibayangkan saja jika Dinas PUPR tahun ini mengelola sebanyak 300 lebih proyek fisik,” kata Ibra. (yan)

About uman