Home » Berita Utama » Investasi PT LGM Terbesar Kedua setelah Cilacap
Investasi PT LGM Terbesar  Kedua setelah Cilacap
Bupati Banggai Herwin Yatim didampingi Wabup Mustar Labolo, Camat Luwuk Timur Hasan Baswan bersama manajemen PT Lautan Gunung Mas saat meresmikan kegiatan konstruksi tambak udang Vannamei di Desa Uwedikan, Rabu (9/8).

Investasi PT LGM Terbesar Kedua setelah Cilacap

 

LUWUK -Bupati Banggai Herwin Yatim memberikan apresiasi atas investasi tambak udang Vannamei di Desa Uwedikan, Kecamatan Luwuk Timur.
Investasi tambak udang PT Lautan Gunung Mas (LGM) di Kabupaten Banggai merupakan yang terbesar kedua setelah investasi di sektor yang sama di Kotamadya Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
Bupati Banggai Herwin Yatim mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik investasi yang dilakukan perusahaan yang dipimpin Aming Hartono tersebut. Selain untuk mempercepat pembangunan juga akan berdampak terhadap peningkatan kesejateraan masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Luwuk Timur.
Bupati Herwin juga menyatakan, dengan dimulainya pekerjaan konstruksi tambak udang PT Lautan Gunung Emas di Desa Uwedikan, menandai pula keseimbangan investasi dari berbagai sektor di seluruh wilayah Kabupaten Banggai.
Selama ini, wilayah investasi seperti Batui dan Toili sudah lebih maju perkembangannya dibanding dengan daerah lainnya. Saat ini wilayah yang belum pernah disentuh oleh investor seperti Luwuk Timur, Balantak, Bualemo dan Pagimana akan dimudahkan segala urusan terkait perijinan, pajak serta Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB).
“Tidak ada pungutan, bayar saja sesuai dengan aturan. Tidak mudah mendatangkan investor,” ungkap Bupati Herwin, saat pengresmian dimulainya kegiatan pekerjaan kontruksi tambak udang Vannamei PT Lautan Gunung Mas di Desa Uwedikan, Rabu (9/8).
Menurut Bupati Herwin, 4 bulan setelah pihak perusahaan melaksanakan aktivitasnya, dana Rp 70 miliar akan diperuntukan bagi daerah ini. Khususnya di Desa Uwedikan. “Investasi ini cukup membantu pembangunan daerah. Kalau hanya mengharap dana APBD juga proyek ADD tidak bakalan terwujud,” jelasnya.
Olehnya kata Bupati Herwin, kesempatan emas ini jangan disia-siakan oleh masyarakat. Karena tidak mudah untuk mendatangkan investor ke daerah ini.
Sementara itu Direktur Utama PT Lautan Gunung Mas Aming Hartono melalui perwakilannya Wiwi Ombong memberikan apresiasi pada Bupati Banggai Herwin Yatim yang telah memberikan kesempatan PT Lautan Gunung Mas untuk berinvestasi di Kabupaten Banggai.
Dalam pelaksanaan kegiatan kontruksi perusahaan mengharapkan bimbingan dari pemerintah daerah agar kerja sama investasi dapat berjalan dengan baik dan lancar dan dapat memberikan konstribusi balik terhadap daerah dan masyarakat.
“Sekiranya dalam proses pelaksanaan kegiatan hingga penyelesaiannya terdapat kekurangan kami harapkan ada bimbingan dari pemerintah daerah,” jelasnya.
Investasi tambak udang Vannamei PT Lautan Gunung Mas di Desa Uwedikan tahap pertama akan menggunakan lahan seluas 55 hektar. Selanjutkan akan bertambah seluas 150 hektar, sesuai rencana PT Lautan Gunung Mas. (ir)

About uman