Home » Politik » Ada Sanksi di Perda Sampah
Ada Sanksi di Perda Sampah
Irpadin Oneng

Ada Sanksi di Perda Sampah

LUWUK— Dalam revisi peraturan daerah (Perda) pengelolaan sampah, akan dicantumkan pasal yang mengatur sanksi. Tujuannya untuk memberi efek jerah bagi oknum warga yang tidak mau lingkungan sekitarnya bersih.
Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Banggai, Irpadin Oneng mengamini salah satu pasal baru tersebut. “Nantinya dalam regulasi itu ada pasal sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan. Bisa denda, malah kurungan badan,” kata Irpadin, Rabu (9/8).
Selain pasal sanksi, ada sejumlah item lainnya yang akan masuk dalam perda insiatif dewan. Hanya saja politisi Partai Golkar ini belum mau merincikan apa saja draf dalam revisi regulasi tersebut. “Masih akan dibahas diinternal komisi, Bapemperda dan pihak eksekutif,” kata Irpadin.
Ada sejumlah acuan sehingga perda tersebut harus direvisi. Selain adanya perubahan perundang-undangan yang mengatur tentang sampah juga didasarkan hasil kunjungan kerja (kunker) Komisi 2 DPRD Banggai di sejumlah kota di Pulau Jawa.
Karena masih akan direvisi, sehingga perda ini akan dimasukkan dalam program legislasi daerah (Prolegda) dan targetnya tahun 2018 regulasi itu diundangkan sekaligus diterapkan. (yan)

 

About uman