Home » Banggai Laut » Peningkatan Jalan tanpa Ganti Rugi
Peningkatan Jalan  tanpa Ganti Rugi
Satu unit alat berat tengah bekerja pada proyek jalan di ruas Lokotoy-Potilpololoba, tepatnya di Desa Paisumosoni, Kecamatan Banggai Utara, Minggu (6/8).

Peningkatan Jalan tanpa Ganti Rugi

BANGGAI – Sejumlah ruas jalan mulai digarap. Percepatan pembangunan infrastruktur tersebut diharapkan tidak terhambat dengan adanya tuntutan ganti rugi. Sebab, sejatinya jalan-jalan yang mulai dikerjakan bukan berstatus pembangunan, tetapi peningkatan.
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banggai Laut, Mulyadi Mojang, menegaskan, peningkatan jalan di sejumlah ruas di daerah ini tak ada proses ganti rugi. Karena itu, tak dialokasikan anggaran ganti rugi sejak masa perencanaan. “Jika pembangunan jalan harus pembebasan lahan dulu. Tetapi, kalau peningkatan tidak,” ujar Mulyadi, Jumat (11/7).
Mulyadi menyontohkan, salah satu ruas jalan yang dikerjakan tanpa ganti rugi yakni peningkatan jalan di Desa Lampa, Kecamatan Banggai. “Pondasinya orang yang terbongkar, tidak ada ganti rugi satu sen pun,” jelasnya.
Mulyadi menegaskan, jika pihaknya menerapkan regulasi, semestinya 1 meter dari saluran, masuk di wilayah peningkatan jalan. “Kalau saya terapkan undang-undang jalan, banyak rumah yang terbongkar,” tegas dia.
Jika terdapat masyarakat di salah satu wilayah yang tetap menginginkan adanya ganti rugi, Mulyadi menandaskan, saat proses pengaspalan akan dilewati. “Misalnya Desa Paisumosoni ada yang ngotot ganti rugi, kita lewati. Langsung ke Desa Tolise Tubono,” katanya. (ali)

 

About uman