Home » Metro Luwuk » Kawasan Bantaran Sungai Bakal jadi RTH
Kawasan Bantaran Sungai Bakal jadi RTH
Karena sudah dimakan usia, kontener sampah di Jole ini tak bisa berfungsi. Keberadaannya di bantaran sungai Jole turut menambah kumuh kawasan itu.

Kawasan Bantaran Sungai Bakal jadi RTH

LUWUK— Rencana Pemda Banggai untuk membuat ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan bantaran sungai Jole, mendapat apresiasi warga Jole Kecamatan Luwuk Selatan. “Warga mendukung niatan pemerintah itu,” kata ketua karang taruna Jole, Arif Laumarang, Minggu (6/8).
Dia menilai, areal yang memiliki luasan sekitar 50×40 meter ini, sudah sangat ideal dijadikan RTH. Dengan begitu, tidak terlihat lagi menjadi kumuh. “Kalau sudah ada RTH, pasti kawasan ini menjadi indah di pandang mata,” tutur Arif.
Satu saran Arif, yaitu kontener sampah yang berada di bantaran sungai segera dipindahkan instansi terkait. “Kontener sampah ini tak lagi berfungsi. Selain sudah berlubang juga rodanya tak lagi berputar,” kata Arif.
Ia juga menyarankan perlu dibangun ruas jalan di kawasan bantaran sungai. Selama ini ketika kendaraan truk pengangkut sampah masuk Jole, mengalami kesulitan. “Sopirnya harus memundurkan kendaraannya. Kalau sudah ada jalan, maka lebih mudah akses kendaraan,” kata Arif. (yan)

 

About uman