Home » Politik » Jangan Berhenti Mengkritik
Jangan Berhenti Mengkritik
Aminuddin Kasim

Jangan Berhenti Mengkritik

KETUA tim seleksi (timsel) calon Panwas kabupaten/kota zona II, Aminuddin Kasim memberi apresiasi yang tinggi terhadap pengawasan media. Dia meyakini, tanpa kritikkan yang konstruktif dari kalangan jurnalis di kota Luwuk, maka hasil penjaringan enam besar calon Panwas Kabupaten Banggai, tidak akan optimal.
“Atas nama timsel calon Panwas, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers di kota Luwuk. Karena kerja kami bisa maksimal, tidak lepas dari andil pengawasan media,” kata Aminuddin, Kamis (3/8).
Dijelaskannya, baik timsel zona I dan zona II telah menyerahkan nama-nama peserta kepada Bawaslu Sulteng untuk selanjunya mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Dengan demikian tugas timsel sudah berakhir. “Ibarat bulutangkis satelkock sudah berpindag tangan,” kata pria yang dilabeli maestro pemilu Sulteng ini.
Mantan timsel Bawaslu Sulteng ini mengaku, dinamika politik di kota Luwuk cukup tinggi. Itu tercermin lewat hujan kritikkan yang dialamatkan pada timsel. “Terus terang saja, hampir tidak ditemukan di daerah lain, kritikkan seperti itu. Sampai-sampai timsel disebut-sebut membangun konspirasi dengan KPU. Semakin dikritik, kami semakin selektif dalam melahirkan keputusan,” kata Aminuddin.
Pesan Aminuddin, kepada para jurnalis di kota Luwuk untuk tidak berhenti melakukan sosial kontrol, baik kepada bupati, wakil bupati, DPRD hingga pejabat publik lainnya. Sebab kritikkan yang konstruktif dari pers, sangat berarti dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Tapi sambung Aminuddin, apabila kalangan jurnalis berhenti mengkritik, maka gelap dunia ini.
Masih menurut Aminuddin, sekalipun para calon Panwas kabupaten/kota saat ini sudah menjadi kewenangan Bawaslu Sulteng, tapi bukan berarti tanggapan masyarakat tidak digunakan lagi. Pada tahapan akhir penjaringan anggota Panwas itu, tanggapan masyarakat masih dibutuhkan untuk kepentingan klarifikasi sehingga tidak menjadi fitnah. (yan)

 

About uman