Home » Metro Luwuk » Kalah Bertanding, Menang Penampilan
Kalah Bertanding, Menang Penampilan
Dua pelatih club Persibal dari kiri Adi Lambesia dan Totho Ahmad Datu Adam.

Kalah Bertanding, Menang Penampilan

LUWUK— Club Persibal Luwuk harus menguburkan ambisinya pada putaran Liga III Rayon Sulteng di Kabupaten Donggala. Club yang diketuai Syaifuddin Muid ini tak lolos ke babak semi final, setelah dipecundangi club Persido Donggala dengan skor tipis 1-2, di lapangan Labuan Badar Sulteng, Senin (31/7).
Menurut pelatih Persibal, Totho Ahmad Datu Adam ada dua alasan sehingga kebuntuan itu harus terjadi. Dihubungi via ponsel, Rabu (2/8), pelatih muda ini mengatakan, dari sisi persiapan Persibal jauh tertinggal.
Dalam menghadapi putaran Liga III Indonesia Rayon Sulteng ini, Persibal hanya membutuhkan kurang lebih sepekan latihan. Sedang sejumlah club rival, rata-rata sudah mempersiapkan diri mulai dari 1-2 tahun sebelum liga itu dimulai.
Faktor lain sehingga penampilan Persibal tidak begitu optimal, disebabkan kurangnya kompetisi usia dini di Kabupaten Banggai.
Totho pun menyandingkan dengan daerah lain di Sulteng. Kata dia, di Palu, Donggala, Sigi dan Poso, setiap tahun kejuaraan sepak bola usia dini mulai dari 14 tahun, 16, 21 hingga 23 tahun rutin dilaksanakan. “Dua faktor itu yang membedakan kami dengan club lain. Makanya kami tak sukses pada ajang tingkat regional itu,” ucapnya.

MENANG PENAMPILAN
Sekalipun hanya mengantongi point 3 pada grup A, yakni 2 kali kalah dan sekali menang, namun bicara soal penampilan skuad Persibal tak kalah bersaing. Pengurus Persibal memberi service lumayan kepada para pemain club yang pernah tersohor di era 70-80 an ini.
Untuk kostum saja dipesan langsung dari Jakarta melalui salah satu toko olahraga yang ada di Kota Luwuk. Begitu pula dengan sepatu. Nyaris tidak ada saingan dibanding club lain di Sulteng. Bahkan uang saku pemain yang kerap menjadi keluhan, tapi kali ini tidak.
“Alhamdullilah pengurus Persibal sangat mengerti dengan seluruh pemain. Saat di Palu atau selesai bertanding dan latihan pengurus persibal memberikan kesempatan para pemain jalan-jalan serta menonton di bioskop XXI di Mall PGM,” kata Totho. Karena jamuan yang luar biasa itu, sehingga para pemain mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Sekretaris Persibal, yakni Syaifudin Muid dan Romi Botutihe. (yan)

About uman