Home » Banggai Laut » BP Tersisa, DD Lambat Ditransfer
BP Tersisa, DD Lambat Ditransfer
IDHAMSYAH TOMPOH

BP Tersisa, DD Lambat Ditransfer

BANGGAI – Sisa lebih perhitungan anggaran pada APBD 2016 masih sangat besar. Menembus Rp 75,415 miliar. Kondisi ini diakibatkan terdapat anggaran yang tidak dibelanjakan hingga akhir tahun. Kemudian di sisi lain, terdapat dana transfer yang tidak dikucurkan pemerintah pusat.
Merujuk data laporan pelaksanaan APBD 2016, terdapat belanja pegawai (BP) yang tidak terserap sekitar Rp 14,423 miliar dari total sebanyak Rp 165,120 miliar.
Menurut Kepala BPPKAD Kabupaten Banggai Laut, Idhamsyah Tompoh, dana tersebut sebenarnya disiapkan untuk pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan berpindah tugas dari Kabupaten Bangkep ke Banggai Laut. “Tapi ternyata tidak jadi pindah,” jelas dia.
Dari sisi pendapatan transfer, pada struktur APBD 2016 juga terlihat sekitar Rp 61,765 miliar yang tidak ditransfer. Idhamsyah menyatakan, anggaran tersebut merupakan dana desa (DD). “Dana desa kan sudah ditransfer kalau tidak salah Oktober atau November 2016,” jelasnya.
Soal serapan anggaran tahun 2017, Idhamsyah menyebut, angka idealnya hanya sekitar 85 persen. “Tidak ada daerah yang 100 persen penyerapan anggaran. Ya paling 90 persen,” katanya. (ali)

 

About uman