Home » Banggai Laut » 49 CJH Bertolak ke Luwuk
49 CJH Bertolak  ke Luwuk
Seorang CJH lansia saat dibantu petugas menaiki KM Rejeki Baru menuju Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu (2/8). Sebanyak 49 CJH asal Banggai Laut akan diberangkat ke Palu, kemudian Balikpapan, lalu ke Arab Saudi.

49 CJH Bertolak ke Luwuk

BANGGAI – Calon jamaah haji (CJH) telah bertolak dari Kabupaten Banggai Laut, Rabu (2/8). Dijadwalkan, mereka akan berangkat bersama seluruh CJH di Provinsi Sulteng yang tergabung dalam kloter 6.
Kepala Seksi Bimas Islam, Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Ramudin Kanja, memastikan, dari total 49 CJH, tak ada satu pun yang batal berangkat. “Tanggal 15 September sudah di sini lagi,” jelas Ramudin, kemarin.
Dia menuturkan, CJH daerah ini akan berangkat bersama-sama dengan CJH dari Kabupaten Banggai menuju Kota Palu. Kemudian, bertolak ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Lalu ke Arab Saudi. “Dari sini, singgah di Masjid Agung, Luwuk. Kemudian diberangkatkan ke Palu,” paparnya.
Informasi yang dihimpun Luwuk Post kemarin, dua CJH telah lebih dahulu berangkat ke Kota Luwuk. Termasuk Sekda Banggai Laut Furqanudin Masulili. Mereka bakal bergabung kembali dengan rombongan saat menuju Kota Palu.
Sehari sebelum meninggalkan Kabupaten Banggai Laut, Bupati Wenny Bukamo telah melepas secara simbolis para CJH. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana pelepasan CJH bersamaan dengan hari keberangkatan. Menurut Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut, Muchlis, keluarga CJH tak perlu mempertanyakan hal itu. Sebab, salah satu kabupaten di Sulteng, seminggu sebelum bertolak ke Kota Palu, wakil bupati daerah setempat telah lebih dahulu melepas secara resmi.
Dia menambahkan, memang sengaja dilakukan karena orang nomor satu di daerah ini harus bertolak keluar daerah. “Bupati ingin bersilaturahmi dengan calon jamaah haji sehingga dia ingin sekali melepas secara langsung,” katanya. (ali)

About uman