Home » Banggai Kepulauan » Sosialisasi dan Bimtek KLHS RPJMD
Sosialisasi dan Bimtek KLHS RPJMD
Sosialisasi dan bimtek Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Bangkep tahun 2018, dilaksanakan di BPU Kecamatan Tinangkung, Selasa (1/8).

Sosialisasi dan Bimtek KLHS RPJMD

SALAKAN-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), berdasarkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangkep 2018, Selasa (1/8).
Kegiatan sosialisasi dan bimtek KLHS RPJMD tersebut dilaksanakan di BPU Kecamatan Tinangkung, dengan melibatkan perwakilan seluruh SKPD, camat, LSM, dan tokoh agama.
Ketua Koordinator, Prof. Dr. Nur Sangadji, menjelaskan, KLHS merupakan salah satu instrument perencanaan pembangunan yang dipakai untuk mendampingi dokumen dokumen perencanaan yang ada di Indonesia, mulai dari RPJM, RPJP, RTRW, RDTR atau Rencana Zonosi, yang bertujuan untuk memastikan agar rencana rencana pembangunan tersebut respek pada lingkungan hidup.
“Pembangunan yang sesunggunnya seperti menyelaraskan segi tiga, dimana tudungnya merupakan pertumbuhan ekonomi, sementara sisi lainnya menyangkut
ekologi dan sosial. Titik tengah merupakan titik yang menyeimbangkan antara pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan memperhatikan aspek lingkungan
hidup, dan aspek sosial,” katanya.
Menurut dosen Universitas Tadulako ini, pembangunan daerah dengan hanya memperhatikan aspek ekonomi akan berdampak buruk terhadap aspek ekologi dan sosial masyarakat. Olehnya, keselarasan ketiga komponen tersebut sangat dibutuhkan dalam proses atau rencana pembangunan daerah khususnya di Bangkep. (and)

 

 

 

 

 

 

About uman