Home » Berita Utama » Dua Wakil Perempuan Masuk 6 Besar
Dua Wakil Perempuan Masuk 6 Besar
Dari enam calon Panwas yang lulus tes tertulis, dua diantaranya keterwakilan perempuan. Para peserta yang sedang mendengarkan arahan dari Ketua Timsel calon Panwas Zona II di gedung pemuda Luwuk, beberapa waktu lalu.

Dua Wakil Perempuan Masuk 6 Besar

LUWUK— Tim seleksi (timsel) calon Panwas zona II tadi malam mengumumkan hasil tes wawancara. Khusus Kabupaten Banggai, dari 17 peserta yang mengikuti tahapan seleksi ketiga itu, enam nama dinyatakan lulus. Keenam calon Panwas Banggai itu akan mengikuti fit and proper test (FPT) yang dilaksanakan Bawaslu Sulteng.
Berdasarkan pengumuman hasil wawancara calon Panwas kabupaten/kota nomor 06/TS-Z2/Sulteng 2017 tertanggal 31 Juli 2017, keenam calon Panwas Banggai itu adalah, Welly Ismail, Bece Abd. Junaid, Muh. Adamsyah Usman, Moh. Yamin Maurana, Atriani dan Bambang Triawan.
Menariknya, sejumlah nama yang lulus tes wawancara yang dilaksanakan di Hotel Renhil Luwuk itu didominasi wajah baru, minus Welly Ismail yang pernah menjadi Ketua panitia pemilihan kecamatan (PPK) Luwuk Selatan. Dari enam nama tersebut dua adalah keterwakilan perempuan. Mereka adalah Bece Abd. Junaid dan Atriani.
Dri Sucipto (anggota KPU Banggai) yang awalnya diprediksi tembus enam besar, ternyata meleset. Namanya tidak masuk daftar yang terjaring untuk mengikuti FPT. Tidak lolosnya Divisi Hukum KPU Banggai yang juga masuk daftar PAW KPU Sulteng ini sekaligus mementahkan spekulasi bahwa timsel calon Panwas zona II telah membangun konspirasi dengan KPU Banggai. Hal itu juga diperkuat dengan tidak lolosnya Moh. Adriatul Mokoagow anggota aktif KPU Bangkep dalam penjaringan calon Panwas di wilayah itu.
Jika di Kabupaten Banggai, tak satupun incumbent Panwas yang bertahan, yakni Alwin Palalo dan Bobby Pondaag, tapi tidak bagi Panwas di Bangkep dan Balut. Nama Supriatno Lumuan mantan Panwas Bangkep masuk dalam daftar calon yang lolos enam besar. Begitu pula Muh. Rafli Udaa, timsel masih memberikan kepercayaan buatnya untuk kembali berkompetisi minimal pada tahapan FPT.
Untuk zona II, tak hanya Banggai, Bangkep dan Balut. Timsel yang diketuai Aminuddin Kasim juga mengumumkan hasil seleksi wawancara calon Panwas Kabupaten Poso, Morowali dan Morowali Utara. Setiap kabupaten, enam peserta yang diakomodir untuk mengikuti seleksi terakhir di Kota Palu. (yan)

About uman