Home » Berita Utama » Kantor Gapensi Banggai Disegel
Kantor Gapensi Banggai Disegel
Kantor BPC Gapensi Kabupaten Banggai di jalan Suprapto Luwuk disegel, Minggu (30/7)

Kantor Gapensi Banggai Disegel

LUWUK— Puncak polemik di tubuh Gapensi Banggai, terjadi Minggu (30/7) kemarin. Kantor milik para pengusaha jasa konstruksi itu disegel. Tak hanya menyegel kantor yang beralamatkan di jalan Suprapto Luwuk. Para pengurus Gapensi Banggai juga membumbuhi tanda-tangan menyatakan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Sunardy Hongkiriwang alia Ko Suntek.
Ada beberapa pointer yang tertuang dalam mosi tidak percaya. Diantaranya, sejak dilantik sebagai Ketua BPC Gapensi Kabupaten Banggai periode 2016-2021 atau tepatnya tanggal 13 Nopember 2016, hingga saat ini tidak pernah menggelar rapat pengurus untuk menyusun program kerja Gapensi Banggai.
Jabatan bendahara Gapensi Banggai juga dinilai tidak jelas. Pasalnya, dalam struktur kepengurusan jabatan bendahara dipercayakan kepada Muis Gonggong. Tapi kenyataan di lapangan, jabatan itu tetap dipegang Ko Suntek yang merupakan mantan bendahara pada kepengurusan sebelumnya.
Dalam surat mosi tidak percaya pengurus juga menyodok Sekretaris BPC Gapensi Banggai, Ismanto Tiadja. Mereka mengklaim tugas-tugas kesektariatan tidak berjalan optimal. Pasalnya dalam sehari kantor hanya dibuka 3-4 jam. Hal lain yang dikritisi terkait keikut sertaan BPC Gapensi Banggai pada Musda BPD Gapensi Sulteng di Palu. Kata pengurus Gapensi Banggai dalam mosi itu bahwa tidak pernah dibicarakan bersama pengurus di kabupaten. Mereka menyebut itu bagian dari arogansi ketua. Sedang pada point terakhir, BPC Gapensi Banggai mendesak BPD Gapensi Sulteng untuk memberhentikan ketua dan sekretaris BPC Gapensi Banggai.
Anggota Gapensi Banggai, Syarif Alimun membenarkan mosi tidak percaya itu. “Ada sekitar 80-an perusahaan baik CV maupun PT yang telah sepakat dengan mosi tersebut,” ucapnya. Kaitan dengan penyegalan kantor, menurut Syarif yang langsung diamini dua anggota Gapensi lainnya itu merupakan akumulasi kekecewaan para anggota.
Wakil Ketua BPC Gapensi Kabupaten Banggai, Idin Masa yang dikonfirmasi tak banyak berkomentar. “Siapapun yang menyegel kantor Gapensi akan kami laporkan ke polisi. Kalau pun dia pengurus, maka selain jalur hukum juga akan dipecat dari kepengurusan,” tegas Idin yang saat itu berada di Kota Palu bersama unsur KSB Gapensi Banggai mengikuti Musda Gapensi Sulteng. (yan)

 

 

About uman