Home » Metro Luwuk » Deker Tersumbat, Puluhan Hektar Sawah Terendam
Deker Tersumbat, Puluhan  Hektar Sawah Terendam
Air yang digunakan untuk mengaliri lahan sawah di Desa Hunduhon tak berjalan normal, akibat terjadi penyumbatan di salah satu platdueker yang berada di desa Pohi.

Deker Tersumbat, Puluhan Hektar Sawah Terendam

LUWUK TIMUR-Platdueker yang terletak di ujung permukiman warga Desa Pohi membuat puluhan hektar sawah di Desa Hundohon, Kecamatan Luwuk Timur tergenang air yang berasal dari anak sungai Desa Pohi, Sabtu pekan lalu. Sampah kiriman dari anak sungai itu menjadi penyebab tersumbatnya platdueker tersebut.
“Kurang lebih ada 4 hektar sawah kami yang terendam air. Sehingga benih padi yang sudah kami tanam hanyut dibawah air,” keluh salah seorang warga desa Hunduhon Samsudin, Sabtu (29/7).

Menurutnya, ada yang salah pada pembuatan platdueker itu. Sebab sampah yang berbentuk potongan kayu tidak dapat keluar melalui lubang tembusan deker tersebut. Sehingga, air yang tersumbat meluap ke permukaan tanah hingga menyebar masuk ke areal persawahan warga.
“Tidak baik pengerjaan deker itu. Masa lubang untuk aliran air diperkecil. Akibatnya air jadi meluap,” katanya.
Pemerintah Desa Pohi lanjut Samsudin, perlu menyikapi masalah itu. Jika tidak, maka akan selamanya petani yang berada di wilayah desa Hunduhon akan mengalami kerugian. “Kalau begini terus, kami tidak bisa menanam. Perlu pemerintah setempat harus menyikapinya,” pinta Samsudin. (ir)

 

 

 

About uman