Home » Politik » Calon Panwaslu Minus Satu Peserta
Calon Panwaslu Minus Satu Peserta
Sejumlah calon Panwaslu Kabupaten Banggai saat menunggu giliran untuk mengikuti tes wawancara di hotel Renhil Luwuk, Sabtu (29/7).

Calon Panwaslu Minus Satu Peserta

LUWUK— Tes wawancara calon Panwaslu Kabupaten Banggai di Hotel Renhil Luwuk berjalan lancar, Sabtu (29/7). Hanya saja, dari 18 peserta yang sebelumnya dinyatakan lulus tes tertulis itu, satu diantaranya absen. Dia adalah Rahmat Palopa. Sebelumnya, Dekan Fisip Untika Luwuk ini sudah menyatakan mundur sebagai calon Panwaslu, dengan alasan akan lebih kosentrasi pada tugas-tugas kampus.
Tes wawancara oleh tim seleksi (timsel) Panwaslu zona II yang diketuai Aminuddin Kasim, dimulai pukul 09.00 wita. Cukup beragam durasi waktu wawancara. Ada calon yang harus meladeni banyak pertanyaan sehingga membutuhkan waktu satu jam lebih. Dan ada juga yang hanya beberapa menit di dalam ruangan bersama empat personil tim seleksi.
“Pokoknya beragam pertanyaan timsel. Mulai dari regulasi tentang kepemiluan, masalah integritas hingga pada status sebagai ASN,” jawab salah seorang calon Panwaslu Kabupaten Banggai.
Anggota timsel Panwaslu zona II, Muhammad Marzuki menginformasikan, untuk zona II Kabupaten Banggai paling terakhir tahapan tes wawancara. Dari belasan calon yang ikut wawancara kata dia, akan lahir enam nama. “Keenam nama itu yang akan di fit and proper test (FPT) oleh Bawaslu Sulteng,” kata dia.
Untuk jadwal FPT, Marzuki belum dapat memberi informasi. Alasannya, itu merupakan kewenangan Bawaslu Sulteng. “Tugas kami terakhir adalah mendorong 6 calon setiap daerah,” ucapnya.
Akan tetapi lanjut dia, Bawaslu akan maraton dalam melaksanakan FPT terhadap 78 calon Panwaslu se-Sulteng. Sebab pada pekan ketiga Agustus, sudah masuk tahapan pelantikan Panwaslu kabupaten/kota. (yan)

 

About uman