Home » Banggai Laut » PAD 2016 Lampaui Target
PAD 2016 Lampaui Target
Pemerintah daerah dan DPRD Banggai Laut saat memparipurnakan Raperda tentang laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2016, Jumat (28/7). Seluruh fraksi di parlemen menerima laporan tersebut untuk dibahas ke tingkat pansus.

PAD 2016 Lampaui Target

BANGGAI – Pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Banggai Laut tahun 2016 lalu melampuai target. Hal ini tergambar dalam laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2016. Capaian ini diharapkan menjadi pelecut untuk menggenjot target PAD 2017.
Tercatat, dari total yang ditargetkan sebesar Rp 15,832 miliar, eksekutif berhasil meraih Rp 19,818 miliar. Jika dipersentasikan terjadi penambahan sebesar 25,18 persen. Wakil Bupati Tuty Hamid mengapresiasi capaian tersebut. “Hal ini (peningkatan PAD) karena beberapa sumber pendapatan mencapai lebih dari 100 persen,” kata Wabup saat menyampaikan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2016 di kantor DPRD Banggai Laut, Jumat (28/7).
Namun, Wabup mengingatkan, masih terdapat beberapa hal yang mesti menjadi perhatian. Sebab, hingga kini terdapat beberapa potensi PAD yang belum terdata dengan valid. Objek padak dan retribusi juga masih terbatas. Sehingga berdampak pada upaya pemerintah daerah dalam melakukan eksetensifikasi.
Selain itu, lanjut Wabup, sumber daya manusia (SDM) pemungut pendapatan masih kurang. “Kesadaran masyarakat juga masih kurang dalam membayar pajak dan retribusi,” ujar bekas birokrat Kabupaten Parigi Moutong itu. (ali)

 

About uman