Home » Banggai Laut » Nelayan Dua Desa Datangi DPRD
Nelayan Dua Desa  Datangi DPRD
Nelayan Desa Kendek, Kecamatan Banggai Utara dan Desa Pasir Putih, Kecamatan Banggai saat berada di kantor DPRD Banggai Laut, Jumat (28/7). Kedatangan mereka untuk memprotes kebijakan zona tangkapan yang ditetapkan Dinas Perikanan.

Nelayan Dua Desa Datangi DPRD

BANGGAI – Nelayan Desa Kendek, Kecamatan Banggai Utara dan Desa Pasir Putih, Kecamatan Banggai mendatangi DPRD Banggai Laut, Jumat (28/7). Mereka memprotes kebijakan Dinas Perikanan yang melarang nelayan melaut di atas 4 mil dari bibir pantai.
Seorang nelayan asal Desa Pasir Putih, Anggri, menuturkan, akibat kebijakan tersebut dari sekitar 80-an nelayan dari dua desa tersebut, tersisa sekitar 50-an nelayan yang masih memaksa untuk melaut. “Kami datang ke sini (DPRD, Red) untuk meminta kebijakan dari Dinas Perikanan,” kata Anggri, kemarin.
Lanjut Anggri, nelayan pun kini tak bisa lagi bermitra dengan perusahaan perikanan. Sebab, tak ada lagi aktivitas melaut. Kondisi ini tentunya mengancam mata pencaharian. “Kan nelayan berikan ikan ke kapal pajeko. Kapal pajeko itu yang mengolah,” jelas dia.
Anggri membeberkan, alat melaut yang kini dibeli nelayan tak bias lagi digunakan. Padahal, tak sedikit yang membelinya dengan cara kredit. “Mau bayar pakai apa kalau sudah tidak bisa melaut,” ujarnya.
Namun, kedatangan para nelayan sia-sia. Perwakilan Dinas tak ada satu pun yang hadir. Mereka hanya diterima para wakil rakyat. Anggota DPRD Banggai Laut Wedy Pattiwael menyatakan, pihaknya telah menerima aspirasi para nelayan. Dia berjanji akan menghadirkan Dinas Perikanan untuk membahas masalah ini. “Jadi, nanti kami yang bertemu Dinas Perikanan,” papar legislator asal Banggai Utara itu. (ali)

 

 

About uman