Home » Metro Luwuk » Lima CJH Banggai Batal Berangkat
Lima CJH Banggai Batal Berangkat
Asri Abasa

Lima CJH Banggai Batal Berangkat

LUWUK— Lima calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Banggai, dikabarkan batal berangkat ke tanah suci Mekkah. Hasil diagnosa tim dokter, kelima CJH Banggai itu mengalami penyakit paru-paru.
“Menurut tim dokter penyakit itu bisa menular. Sehingga kelimanya batal berangkat,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Banggai, Asri Abasa kepada Luwuk Post, Jumat (28/7) kemarin.
Dengan tertundanya keberangkatan kelima CJH Banggai itu, maka jumlah CJH Banggai yang berangkat menjadi berkurang. “Awalnya ada 192 CJH. Tapi sudah berkurang menjadi 187 CJH,” ucap Asri.
Dijelaskannya, kegiatan manasik baik kecamatan maupun kecamatan sudah selesai. Saat ini kata Sekretaris Panitia Pemberangkatan Haji Kabupaten Banggai ini, sudah masuk tahapan persiapan pemberangkatan.
Direncanakan CJH Banggai yang masuk kelompok terbang (kloter) 7 bersama Kabupaten Parigi Moutong, Tojo Unauna, Morowali Utara dan Bangkep ini akan diberangkatkan dengan dua tahap. Pemberangkatan pertama pada tanggal 4 Agustus dan pemberangkatan kedua tanggal 5 Agustus.
“Tahap pertama jumlah CJH yang berangkat 43 orang dan pemberangkatan kedua 144 orang. Selain sistem regular juga carteran dengan menggunakan pesawat Sriwijaya,” kata Asri yang juga Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Banggai ini. (yan)

 

 

About uman