Home » Politik » Bualemo Didorong ke Dapil IV
Bualemo Didorong ke Dapil IV
Azis Kunjae

Bualemo Didorong ke Dapil IV

LUWUK— Wacana pemekaran daerah pemilihan (dapil) belum meredup. Kali ini giliran fungsionaris PKB Kabupaten Banggai, Azis Kunjae yang mengeluarkan uneg-unegnya. Kepada Luwuk Post, Jumat (28/7) kemarin, Azis sepakat dengan wacana Kecamatan Bualemo masuk dalam dapil IV pada pileg 2019 mendatang.
“Saya setuju jika Bualemo bergabung di dapil IV,” kata Azis. Alasan dia cukup simple, Bualemo masuk wilayah kepala burung. Nah, ketika pembentukan daerah otonom baru (DOB) bernama Kabupaten Tompotika terbentuk, maka sudah include dengan pembagian dapil tadi.
Masuknya Bualemo bergabung dengan kecamatan Masama, Lamala, Balantak, Mantoh, Balantak Utara dan Balantak Selatan itu, maka jumlah kursi bertambah dari empat menjadi enam kursi.
Selain alasan geografis tadi, alasan regulasi juga disampaikan mantan calon Kepala Desa Sampaka Kecamatan Bualemo ini. “Kalau Bualemo tetap di dapil III, maka jumlah kursi ada 10. Nah, dalam regulasi minimal 3 dan maksimal 8 kursi. Itu artinya melangkahi aturan,” kata Azis. Dia berharap apa yang menjadi aspirasinya ini dapat disahuti KPU sebagai lembaga yang punya kompoten dalam memekarkan dapil pada pileg mendatang. (yan)

About uman