Home » Politik » 78 Calon Panwaslu se-Sulteng Ikut FPT
78 Calon Panwaslu se-Sulteng Ikut FPT
Para calon Panwaslu Bangkep antrean menunggu panggilan tim seleksi, di Hotel Renhil Luwuk, Jumat (28/7)

78 Calon Panwaslu se-Sulteng Ikut FPT

LUWUK— Hasil tes wawancara calon Panwaslu se-Sulteng kabarnya akan dipublis tanggal 30 Juli di website resmi Bawaslu. Hasil penjaringan tim seleksi (timsel) Panwaslu baik zona I maupun zona II, akan melahirkan 78 nama yang selanjutnya mengikuti fit and proper test (FPT) oleh Bawaslu Sulteng.
“Setiap kabupaten/kota timsel akan mengambil enam nama. Nah, dikalikan saja dengan jumlah wilayah di Sulteng,” kata Ketua Timsel Panwaslu zona II, Aminuddin Kasim yang ditemui, Jumat (28/7).
Tugas terakhir timsel kata Aminuddin adalah pada tahapan wawancara. Setelah mengakomodir enam bakal calon Panwas, menjadi kewenangan Bawaslu Sulteng. “Benar-benar selektif. Kami malu, jika enam calon yang disorong ke Bawaslu itu tidak memiliki kapasitas dan integritas,” ucap Aminuddin.
Anggota Bawaslu Sulteng, Zaidul Bahri Mokoagow belum dapat memastikan jadwal FPT. Ditanya wartawan via ponsel, Zaidul hanya memberi gambaran. “Rencana minggu pertama dan kedua Agustus. Lagi pula masih akan dibahas kepastiannya,” jawab Zaidul.
Bertempat di hotel Renhil Luwuk, sebanyak 18 calon Panwaslu Kabupaten Bangkep mengikuti tes wawancara. Proses wawancara yang dilaksanakan empat personil timsel Panwaslu zona II itu dimulai pukul 09.00 wita.
Rencananya, Sabtu (29/7) hari ini giliran para calon Panwaslu Kabupaten Banggai mengikuti tes wawancara. Dari 18 nama yang diumumkan untuk mengikuti tahapan ini, satunya dipastikan absen. Dia adalah Rahmat Palopa. Pasalnya, Dekan FISIP Untika Luwuk ini sudah menyatakan mundur dari pencalonan Panwaslu Kabupaten Banggai, dengan alasan kosentrasi pada kampusnya. (yan)

 

About uman