Home » Politik » Rakyat Sultim jangan Galau
Rakyat Sultim jangan Galau
Aswan Ali

Rakyat Sultim jangan Galau

LUWUK— Klaim bahwa usulan Sultim ditunda hingga 10 tahun mendatang membuat tim perjuangan masyarakat Sultim bersatu (TPMSB) bersuara. Melalui juru bicaranya Aswan Ali, itu merupakan pemahaman keliru.
Sebab dewan pertimbangn otonomi daerah (DPOD) yang diketuai Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, tidak pernah mengeluarkan kebijakan yang menunda pembahasan Sultim sampai 10 tahun lamanya.
Wapres kata Aswan Kamis (27/7), hanya menyatakan bahwa ini disebab keadaan perekonomian Indonesia tengah mengalami defisit anggaran. Sehingga terhadap usulan pembentukan DOB akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.
Jadi publik, khususnya rakyat Sultim di Kota Luwuk yang akan menikmati ibu kota Sultim tidak perlu risau atau galau. Sebab insya Allah Sultim tetap bisa terbentuk, mengingat persyaratannya telah lengkap dan aturan pembentukan DOB masih berlaku dan belum dicabut.
Dipertegasnya, Sultim tidak ada keputusan resmi dari pemerintah pusat yang menunda pembentukannya. Setelah kebijakan moratorium yang menghasilkan desain pemetaan desentralisasi otonomi daerah (Destrada), maka lahir kebijakan pembentukan DOB melalui penetapan Daerah Persiapan. Nah, berdasar hasil kajian, daerah provinsi Sulawesi Tengah memungkinkn dimekarkan dan dibentuk daerah otonom baru provinsi. (yan)

 

 

About uman