Home » Berita Utama » Pengganti Sudarto Masih Menggantung
Pengganti Sudarto  Masih Menggantung
Oskar Paudi

Pengganti Sudarto Masih Menggantung

LUWUK—Siapa pengganti almarhum Sudarto sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng masih menggantung. Saat ini masih ada tiga nama yang diusulkan partai politik (parpol) pengusung Longki’S (Longki-Sudarto) pada pilgub Sulteng 2015 lalu. Tahapan pemilihan di DPRD Sulteng bisa dilaksanakan, apabila sudah mengerucut pada dua nama.
“Masih tiga nama. Dan itu TMS (tidak memenuhi syarat),” kata Ketua DPW PAN Sulteng Oskar Paudi yang masuk dalam daftar calon Wagub Sulteng, kepada sejumlah wartawan di kantor DPRD Banggai, Kamis (27/7).
Sejauh ini kata Oskar, Partai Gerindra, PAN, PKB dan PBB sebagai partai politik pengusung Longki’S belum menggelar rapat untuk mengerucutkan dari tiga nama menjadi dua nama. “Harus dua nama. Barulah masuk tahapan pemilihan di DPRD Sulteng,” kata Oskar.
Wacana nama Sofhian Mile masuk dalam daftar yang dibidik Longki, Oskar tak memberi komentar. “Kalau itu saya tidak tahu,” ucap aleg parlemen lalong tiga periode ini. Disentil soal peluang, mengingat satu-satunya tokoh keterwakilan jazirah timur Sulteng, Oskar mengaku tidak berambisi. “Ini kan persoalan takdir. Dan saya tidak berambisi,” kata Oskar.
Proses pergantian Sudarto sebagai Sulteng II sudah cukup lama. Terhitung sejak Januari lalu, tahapannya telah dimulai. Empat partai politi pengusung, mengusulkan tiga nama, yakni Hidayat Lamakarate, Oskar Paudi dan Zainal Daud. Meski sudah tujuh bulan berjalan, namun hingga kini belum ada tanda-tanda siapa yang akan diakomodir Longki sebagai pendampingnya hingga tahun 2021 mendatang. (yan)

About uman