Home » Metro Luwuk » Pemda Diminta Tinjau Proyek
Pemda Diminta Tinjau Proyek
Salah satu sisi talud yang dikerjakan oleh PT Surya Baru Cemerlang diduga tidak menggunakan ukuran batu sesuai RAB.

Pemda Diminta Tinjau Proyek

TOILI BARAT-Sejumlah warga meragukan kualitas pekerjaan proyek drainase dan talut dari preservasi kontruksi jalan Toili, Rata dan Baturube. Proyek yang dikerjakan oleh PT Surya Baru Cemerlang, itu diduga tidak memerhatikan kualitas.
Informasi yang dihimpun menyebutkan, pekerjaan proyek yang didanai dengan APBN sekira Rp 60 miliar tidak dikerjakan dengan baik. Karena itu warga meminta pemerintah meninjau pekerjaan tersebut sebelum pekerjaan itu diselesaikan.
“Sebenarnya proyek ini ada pengawasnya atau tidak ya. Sebab, kualitasnya meragukan meski ada orang desa yang juga ikut kerja,” ujar Komang, Warga Gunung Keramat, Kamis (27/7).
Tak hanya campuran semen dan pasir yang dinilai tidak beres. Tapi, batu batu yang digunakan juga diduga tidak sesuai RAB. Sebab, batu yang digunakan bervariasi dan berukuran sangat besar. Hal ini diduga untuk mengurangi jumlah semen yang digunakan sesuai RAB.”Batu yang digunakan besar-besar, apa ukuran batu seperti itu sudah sesuai RAB? bisa jadi karena batu yang tidak sesuai menyebabkan talud dan riol kurang bagus,” ungkapnya. Warga berharap pemerintah setempat dapat melihat hasil pekerjaan kontraktor tersebut. Sementara itu, pemerintah kecamatan belum dapat memberikan keterangan.”Camat lagi di Palu ada pelatihan di sana,”ungkap salah satu staf kecamatan.(um)

About uman