Home » Metro Luwuk » 4 Agustus Penyambutan Piala Adipura
4 Agustus Penyambutan Piala Adipura
Panitia pelaksana Porkab II Banggai melaksanakan verifikasi dan asistensi terkait kebutuhan biaya dan perlengkapan Porkab, baik cabang olahraga maupun kepanitiaan, Kamis (27/7). Rapat yang dilaksanakan di aula KONI Banggai itu dipimpin Alfian Djibran sebagai ketua panitia.

4 Agustus Penyambutan Piala Adipura

LUWUK— Sabtu tanggal 4 Agustus mendatang, Pemda Banggai akan menggelar kegiatan penyambutan piala Adipura. Prosesinya, selain diarak keliling kota juga dirangkaikan dengan menunaikan salat syukur atas keberhasilan meraih kembali tropi yang lepas hampir selama 20 tahun tersebut.
Ketua panitia penyambutan piala Adipura, Alfian Djibran Kamis (27/7) mengatakan, bersama 16 kepala daerah se-Indonesia, Bupati Banggai Herwin Yatim akan menerima piala Adipura dari Presiden RI di Jakarta. “Tanggal 2 Agustus penerimaan piala Adipura di Jakarta. Dalam menerima piala Adipura itu, pak Bupati didampingi unsur Forkopimda,” kata Alfian.
Tanggal 4 Agustus rombongan Bupati tiba di Bandara Syukuran Aminuddin Amir dengan menggunakan pesawat Sriwijaya. Rombongan akan disambut dengan ritual adat di bandara. Usai prosesi itu kata Alfian, dilanjutkan dengan konvoi keliling kota Luwuk. “Mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas kendaraan roda dua serta lapisan masyarakat lainnya akan terlibat pada konvoi itu,” kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Banggai ini.
Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, akan dilaksanakan salat syukur di masjid. “Masjidnya nanti akan ditentukan kemudian,” ucapnya. Sedang acara puncaknya kata Alfian dilaksanakan di bundaran Tugu Adipura Luwuk.
“Selain sambutan Bupati Banggai juga akan ada testimoni dari tokoh masyarakat terkait dengan Adipura,” ucap Ketua Panitia Porkab II Banggai ini.
Dibalik seremonial hajatan itu, banyak hal positif yang bisa dipetik. Selain sebagai wadah sosialisasi kepada masyarakat bahwa Kota Luwuk kembali merebut Adipura yang sudah lama lepas dari genggaman sekaligus sebagai motivasi bagi semua warga Kabupaten Banggai untuk tetap membudayakan bersih lingkungan, sebagaimana aksi moral Pinasa. (yan)

 

 

About uman